Bandarlampung (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Utama Bakauheni, Senin, menyebutkan bahwa hingga H+4 Lebaran atau Ahad (14/4), sebanyak 448.514 penumpang belum kembali ke Pulau Jawa pada masa arus balik.

Berdasarkan Data PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Utama Bakauheni, Senin, total penumpang pada arus mudik 2024 yang turun di Pelabuhan Bakauheni dihitung dari H-7 Lebaran berjumlah 835.718 orang.

Sedangkan, pada masa arus balik Lebaran hingga H+4 PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat telah menyeberangkan 387.204 penumpang. Sehingga berdasarkan data tersebut masih tersisa 448.514 penumpang yang belum kembali ke Pulau Jawa.

Sementara itu, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) juga mencatat, jumlah penumpang tertinggi pada arus balik Lebaran terjadi pada H+4 dengan jumlah 159.950 orang.

Baca juga: ASDP seberangkan 387.204 penumpang ke Pulau Jawa selama 11-14 April

Baca juga: ASDP seberangkan 38.388 unit kendaraan R2-R4 ke Merak pada 14 April


Sedangkan pada H+3 penumpang yang menyeberang ke Pulau Jawa berjumlah 115.950, H+2 jumlah penumpang 69.205 dan H+1 jumlah penumpang 41.280 orang.

Pantauan di Toll Gate Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan pada Senin siang, kendaraan roda empat yang ingin memasuki dermaga terlihat masih landai, tanpa antrean panjang. Begitu pula dengan kendaraan roda dua, meskipun memang arus lalu lintas ke arah pelabuhan masih terus mengalir baik dari jalan toll maupun Jalan Lintas Sumatera.

Kemudian, untuk kendaraan yang telah diseberangkan oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Utama Bakauheni pada Senin (15/4) ke Pelabuhan Merak berjumlah 38.388 unit baik kendaraan roda dua (R2) maupun roda empat (R4).

Jumlah kendaraan R2 yang diseberangkan pada hari keempat setelah Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah itu sebanyak 18.782 unit serta kendaraan R4 sebanyak 18.596 unit.

Kepolisan Daerah (Polda) Lampung menyebutkan bahwa puncak arus mudik di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatam masih terkendali meskipun volume kendaraan terjadi peningkatan.

"Berdasarkan pantauan kami memang ada peningkatan volume kendaraan yang datang ke Pelabuhan Bakauheni pada malam ini, namun semua masih terkendali hingga kini," kata Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika, dalam keterangan yang diterima di Lampung Selatan, Lampung, Senin dini hari.

Dia mengatakan, melihat data yang tercatat pada hari sebelumnya, diperkirakan lebih dari 30.000 kendaraan yang akan menyeberang ke Pelabuhan Merak pada Ahad malam ini.

"Meski demikian arus lalu lintas masih dalam kondisi normal, ataupun padat lancar. Kepolisian telah mengatur strategi agar pemanfaatan kantung-kantung parkir di dermaga bisa optimal,", kata dia.*

Baca juga: Arus balik kendaraan di Bakauheni mulai lengang pada Senin pagi

Baca juga: Polda Lampung sebut puncak arus mudik di Bakauheni terkendali

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024