Lancar selama di pesawat meski membawa dua anak, karena saya sudah biasa juga
Jakarta (ANTARA) -
Seorang ibu dua anak asal Palembang, Sumatera Selatan, Indah (31) menyarankan agar para ibu menjaga suasana hati agar tetap senang atau happy saat membawa anak-anak mudik maupun balik menggunakan moda transportasi pesawat.
 
"Ibunya stay happy aja ya (saat mudik maupun balik), kalau ibunya happy, anaknya pasti happy," katanya saat ditemui di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin.
 
Indah yang berdomisili di Bekasi, Jawa Barat ini mengaku memilih mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma karena lebih dekat dengan tempat tinggalnya dan untuk menghindari macet.

Baca juga: KA wisata sampai Museum Kereta Api Ambarawa dipadati pemudik Lebaran
 
Selain itu, menurutnya, moda pesawat adalah yang paling cepat dan efektif.
 
"Karena saya bawa anak dua, jadi yang paling cepat waktunya dan paling efektif itu pesawat, ya, selain itu, karena arus mudik dan balik tinggi, maka saya menghindari Soekarno Hatta, kebetulan rumah di Bekasi, kan, jadi lebih dekat ke Halim, biar menghindari macet arus balik," tuturnya.
 
Selama perjalanan, ia juga tidak merasakan kendala apapun.
 
"Lancar selama di pesawat meski membawa dua anak, karena saya sudah biasa juga," ucapnya.
 
Bandara Halim Perdanakusuma juga menyiagakan dokter dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) selama masa Lebaran 2024 untuk melayani penumpang arus mudik maupun arus balik.

Baca juga: PLN Bali mencatat 429 transaksi pemanfaat SPKLU selama Lebaran 2024
 
"Ada satu dokter dari KKP yang siaga setiap harinya selama arus mudik dan arus balik untuk melayani penumpang yang sakit," kata Humas Bandara Halim Perdanakusuma Nadia Putri Andrian.
 
Ia menjelaskan, meski tidak menyediakan posko pengecekan kesehatan khusus, dokter dari KKP tersebut tergabung dalam tim posko Lebaran 2024 di Bandara Halim Perdanakusuma yang juga dilengkapi dengan petugas pemadam kebakaran, pusat informasi, keamanan penerbangan (aviation security), dan teknisi.
 
Selain itu, setiap harinya selama arus mudik dan balik (6-15 April 2024) Bandara Halim Perdanakusuma juga bekerja sama dengan berbagai pihak dengan menyiagakan 30 personel dari aviation security, lima personel TNI Angkatan Udara (AU), empat personel kepolisian, dan satu anjing pelacak untuk memastikan keamanan penumpang.
 
Per Senin siang, tercatat ada 14.000-15.000 penumpang yang mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma.

Baca juga: Menko PMK: Penanganan mudik 2024 lebih baik dibanding tahun lalu

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024