Jakarta (ANTARA) - Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi timnas Qatar U-23 pada pertandingan pertama Grup A Piala Asia U-23 2024 di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Senin pukul 22.30 WIB.
 
Indonesia yang berambisi lolos dari fase grup tentu harus mengamankan poin pada pertandingan ini untuk menjaga asa tersebut, namun dipastikan tak akan mudah.
 
Skuad asuhan Shin Tae-yong tentu akan menghadapi pertandingan berat ketika berhadapan dengan Qatar yang kini berstatus sebagai tuan rumah.
 
Meskipun begitu, Indonesia memiliki kesempatan untuk mengawali perjalanan mereka di Piala Asia U-23 dengan baik jika dapat memaksimalkan peluang yang mereka miliki.

Tercatat pada level U-23, ini akan menjadi pertemuan pertama kedua negara, namun pada level senior, Indonesia dan Qatar sudah bertemu 10 kali.
 
Garuda minim persiapan, Qatar lakoni lima laga uji coba

Skuad Garuda Muda tercatat memiliki persiapan minim jelang pergelaran Piala Asia U-23 dengan baru melakukan pemusatan latihan sejak 1 April.
 
Selain itu, Marselino Ferdinan serta kolega hanya dapat melakukan dua partai uji coba ketika melakoni pemusatan latihan dengan menghadapi Arab Saudi U-23 dan Uni Emirat Arab U-23.
 
Pada dua pertandingan uji coba tersebut, Indonesia harus mengakui keunggulan Arab Saudi 1-3 dan sukses mengalahkan Uni Emirat Arab 1-0.
 
Berbanding terbalik dengan Indonesia, Qatar tercatat sudah melakoni lima laga uji coba sebelum berlaga pada putaran final Piala Asia U-23 2024.
 
Pada lima uji coba yang dilewati, Qatar tercatat hanya mampu mengalahkan Malaysia dan Yordania, ditahan imbang Uzbekistan, namun takluk dari China serta Uzbekistan dalam kurun waktu Desember 2023 hingga April 2024.
 
Tak begitu gemilangnya catatan Qatar pada laga uji coba seharusnya dapat dijadikan celah oleh Indonesia, namun Witan Sulaeman serta kolega harus tetap waspada.
   
Berikut lima pertandingan terakhir dari kedua negara
 
Indonesia U-23
08/04/24 Uni Emirat Arab 0 - 1 Indonesia (uji coba)
05/04/24 Arab Saudi 3 - 1 Indonesia (uji coba)
12/09/23 Indonesia 2 - 0 Turkmenistan (Kualifikasi Piala Asia U-23 2024)
09/09/23 Indonesia 9 - 0 Chinese Taipei (Kualifikasi Piala Asia U-23 2024)
26/08/23 Vietnam 6 - 5 Indonesia (Final Piala AFF U-23)
 
Qatar U-23
08/04/24 Qatar 1-0 Malaysia (uji coba)
03/04/24 Qatar 0-2 Cina (uji coba)
27/03/24 Qatar 1-2 Uzbekistan (uji coba)
24/03/24 Qatar 1-1 Uzbekistan (uji coba)
21/11/23 Qatar 1-0 Yordania (uji coba)
 
Indonesia debutan, Qatar pernah tempat ketiga
 
Indonesia menjadi debutan pada ajang Piala Asia U-23 2024 ini karena memang baru pertama kali ambil bagian, sementara Qatar memiliki prestasi dengan duduk di tempat ketiga.
 
Garuda Muda mampu menembus putaran final Piala Asia U-23 2024 setelah menjadi juara Grup K dengan mengalahkan Chinese Taipei serta Turkmenistan.
 
Hasil ini membuat Indonesia mengumpulkan enam poin dari dua pertandingan dan melaju ke putaran final dengan status juara Grup K.
 
Sementara itu, meski sudah dipastikan lolos dengan status tuan rumah, Qatar tetap ambil bagian pada babak kualifikasi tergabung di Grup B.

Qatar tercatat mampu tampil sempurna dengan mengalahkan Kyrgyzstan 1-0, Myanmar 6-0, dan Korea Selatan 2-0.
 
Pencapaian terbaik Qatar pada Piala Asia U-23 adalah pada edisi 2018 di China dengan menempati posisi ketiga setelah sukses mengalahkan Korea Selatan 1-0.
 
Sementara itu, pada Piala Asia U-23 2022 Uzbekistan, Qatar menempati posisi juru kunci Grup A dengan torehan dua poin, di bawah Uzbekistan, Turkmenistan, dan Iran.
   
Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong mengakui timnya berada di grup yang sulit karena harus berhadapan langsung dengan Qatar, Australia, dan Yordania.
 
Shin yakin perjalanan untuk timnya akan sulit karena anak-anak asuhnya melakukan masa persiapan dengan waktu yang cukup singkat, namun ia yakin mereka dapat berbicara banyak.
 
"Piala Asia AFC U23 tidak ada dalam kalender FIFA, jadi saya tidak bisa mengatakan bahwa kami telah melakukan persiapan yang sempurna, namun kami memiliki pola pikir untuk berkembang, terus mengembangkan diri, dan mudah-mudahan kami memiliki performa yang baik," ungkap Shin Tae-yong.
 
"Di Dubai, kami menjalani pertandingan persahabatan melawan Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, dan kami mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Level performa kami meningkat dan dengan itu kepercayaan diri para pemain pun meningkat. Pertandingan-pertandingan tersebut sangat membantu tim kami, terutama untuk pertandingan melawan Qatar dan Yordania," pungkasnya.
 
Sementara itu pelatih timnas Qatar U-23 Ilidio Vale mengatakan target langsung timnya adalah memastikan kualifikasi Olimpiade, dengan tiga tempat otomatis tersedia di turnamen tersebut.
 
"Tujuan dari turnamen ini adalah untuk lolos ke Olimpiade. Bersaing dengan tim-tim terbaik di Asia merupakan sebuah kesempatan yang baik, dan saya percaya semua orang harus memanfaatkan waktu ini sebaik mungkin, baik Anda seorang pelatih, pemain, atau administrator," jelas Vale.
 
"Asosiasi Sepak Bola Qatar telah menyediakan semua yang kami butuhkan mulai dari infrastruktur hingga peralatan. Kami sudah siap sepenuhnya dan akan bersaing keras di babak penyisihan grup ini. Kami mungkin bukan favorit juara, tapi kami akan memberikan yang terbaik di setiap pertandingan," sambung dia.
 
"Saya berharap kemenangan timnas senior Qatar menjadi penambah semangat tim U23, namun saya ingin meyakinkan semua orang bahwa tidak ada tekanan pada tim kami. Ini kompetisi yang berbeda, Piala Asia AFC U23 kali ini dengan tim dan tujuan yang berbeda. Namun, saya ingin skuad U23 meraih hasil luar biasa yang sama dengan seniornya," tutupnya.
 
Indonesia diperkirakan akan kembali menerapkan formasi 3-4-3, serupa dengan yang biasa Shin Tae-yong terapkan pada level senior.
 
Pada posisi penjaga gawang akan ditempati Ernando Ari Sutaryadi, sedangkan tiga bek dihuni Rizky Ridho, Muhammad Ferrari dan Komang Teguh.
 
Posisi dua wing back akan ditempati Ilham Rio Fahmi dan Pratama Arhan, sedangkan duo gelandang dihuni Ivar Jenner serta Marselino Ferdinan. Trio lini depan diyakini akan dihuni Fajar Faturrahman, Hokky Caraka serta Rafael Struick.
 

Berikut prediksi susunan pemain Timnas Indonesia U-23 vs Qatar U-23:
 
Indonesia (3-4-3): Ernando Ari; Rizky Ridho, Muhammad Ferrari, Komang Teguh; Rio Fahmi, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan; Fajar Faturrahman, Hokky Caraka, Rafael Struick
 

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024