Kabupaten Bogor (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Bogor Asmawa Tosepu memastikan arus milir (arus balik pemudik) dan aktivitas wisata di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, berjalan lancar tanpa gangguan.

"Mudah-mudahan ini terus berjalan lancar mengingat besok walaupun ada edaran Menpan tetapi sebagian sudah masuk kerja kembali seperti biasa, masa liburan sudah selesai hari ini," ungkapnya saat meninjau lalu lintas Kawasan Wisata Puncak di Pospol Gadog, Ciawi, Senin.

Ia menyebutkan, kendaraan yang melintas di Jalur Wisata Puncak mencapai 130 ribu kendaraan dalam sehari pada momentum libur Lebaran.

"Untuk tadi siang, berdasarkan informasi dari Polres Bogor sekitar 2.000 kendaraan sudah meninggalkan Jalur Puncak," ujarnya.

Asmawa pun mengapresiasi jajaran Polres Bogor, TNI dan relawan yang ikut mengawal arus lalu lintas selama Idul Fitri 1445 Hijriah sehingga dapat berjalan aman dan lancar.

"Saya juga imbau masyarakat untuk mematuhi seluruh rambu lalu lintas dan mengikuti arahan petugas di lapangan," kata Asmawa yang juga merupakan Kepala Biro Umum Kementerian Dalam Negeri.

Polres Bogor mencatat sebanyak 133.647 kendaraan melintas di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, dalam sehari. Jumlah tersebut yang tertinggi semenjak libur Lebaran, yakni pada Sabtu (13/4).

Adapun rinciannya, 73.131 kendaraan dari arah Puncak menuju Jakarta baik kendaraan roda empat, roda dua, bus dan truk. Sedangkan, arah sebaliknya Jakarta menuju Puncak sebanyak 60.516 kendaraan.

Jumlah tersebut, diperkirakan gabungan antara arus wisata dan arus balik mudik Lebaran. Sehingga, masyarakat diimbau masyarakat yang akan berwisata menuju Puncak untuk mempertimbangkan kembali.
Baca juga: Polres Bogor pastikan tidak ada "stuck" pada arus wisata di Puncak
Baca juga: Polisi akhiri "one way" untuk arus balik di jalur Puncak ke Jakarta
Baca juga: Puncak arus balik di jalur Puncak menuju Jakarta sudah terlewati 

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024