Bengkulu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu menerapkan work from home (WFH) bagi sebagian aparatur sipil negara (ASN) guna mencegah kemacetan pada arus balik Lebaran 2024.
 
"Untuk mengurangi lonjakan arus balik supaya tidak terjadi kemacetan di mana-mana, ASN teknis bisa WFH pada Selasa (16/4) dan Rabu (17/4)," kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah di Bengkulu, Selasa.
 
Dia mengatakan bahwa mulai Kamis (18/4) WFH ditiadakan dan semua ASN sudah beraktivitas kembali di kantor seperti hari normal.

Baca juga: BKD Kaltim: WFH usai Lebaran hanya berlaku untuk ASN administratif
 
"Pada Kamis (18/4) semua ASN masuk kerja seperti biasa. Saya kira tidak ada alasan bagi ASN pada Kamis (18/4) tidak masuk kerja," kata Gubernur Rohidin.
 
Penerapan WFH sebagian ASN Pemprov Bengkulu itu tertera dalam Surat Edaran (SE) Gubernur Bengkulu tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara Pada Instansi Pemerintah Setelah Libur Nasional dan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Merujuk aturan tersebut, Gubernur Rohidin meminta kepala OPD Pemprov Bengkulu pada Selasa menggelar apel bersama di instansi mereka masing-masing guna mengecek kehadiran para ASN.

Baca juga: WFH ASN DKI untuk pegawai dengan kondisi tertentu

"Kalau ASN tidak masuk pada Selasa, sesuai regulasi, akan ada sanksi. Oleh karena itu, seluruh OPD diminta melaksanakan apel pagi di dinas masing-masing untuk memastikan kehadiran ASN dan kedisiplinan mereka," kata dia.

Sementara itu, arus balik pada Selasa terpantau ramai lancar, sejumlah kendaraan memanfaatkan jalur lintas barat Pulau Sumatera untuk akses dari dan menuju Sumatera Barat dan Lampung.

Baca juga: Pemkot Depok tak terapkan WFH 16-17 April dan ASN masuk 16 April 2024

Bagi pemudik dari dan menuju lintas tengah Pulau Sumatera, yakni Provinsi Sumatera Selatan maupun Jambi juga terpantau lalu lintas ramai lancar di jalur jalan nasional Kota Bengkulu-Lubuk Linggau.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024