Jayapura (ANTARA) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Jayapura mengimbau kepada aparat keamanan bersama menjaga kamtibmas guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada para penumpang baik yang naik maupun turun di Pelabuhan Jayapura.

Kepala kantor Kesyahbandaran dan otoritas pelabuhan kelas II Jayapura Agustinus di Jayapura, Selasa, mengatakan pihaknya telah menggelar pertemuan dengan pemangku kepentingan terkait untuk meningkatkan sinergisitas dan kolaborasi dalam menjalankan tugas pengamanan selama momen Lebaran

“Jadi pada Senin (15/4) kami telah menggelar pertemuan guna menyikapi insiden yang terjadi di Pelabuhan Sorong agar tidak terulang lagi di Pelabuhan Jayapura,” katanya.

Menurut Agustinus, pihaknya juga telah langsung mengeluarkan surat edaran ke semua stakeholder menyangkut ketentuan tertentu.

“Edaran tersebut juga merupakan bagian dari antisipasi timbulnya kesalahpahaman di lapangan,” ujarnya.

Dia menjelaskan seperti contohnya orang yang datang ke pelabuhan harus memiliki tujuan jelas, karena pihaknya tidak mentolerir adanya kepentingan tertentu, kemudian berangkat sesuai dengan identitas KTP dan tiket, serta ketentuan-ketentuan lainnya.

“Berdasarkan hasil rapat tersebut semua pemangku kepentingan telah berkomitmen dalam untuk terus menjaga kekompakan selama bertugas,” katanya lagi.

Dia menambahkan kekompakan antara KSOP dengan instansi terkait lainnya sangat terlihat, selama kegiatan pengamanan lebaran 2024 di mana tidak ada hambatan atau kendala apapun di Pelabuhan Jayapura.
Baca juga: KSOP Manokwari tahan kapal asing angkut semen ke Jayapura
Baca juga: KSOP temukan speed boat pengangkut anggota DPR yang hilang

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024