Olympia Kuno (ANTARA) - Gladi bersih upacara penyalaan obor Olimpiade, yang akan dinyalakan untuk Olimpiade Paris 2024, diadakan pada Senin (15/4) di Olympia Kuno di Yunani barat, tempat kelahiran Olimpiade.

Dalam upacara tradisional tersebut, aktris Yunani Mary Mina, yang berperan sebagai Pendeta Agung kuno, menggunakan sinar matahari untuk menyalakan api dengan bantuan cermin cekung di depan reruntuhan kuil berusia 2.500 tahun yang didedikasikan untuk Hera, dewi dalam mitologi Yunani kuno.

Diiringi puluhan penari wanita dan pria yang berperan sebagai pendeta wanita, dewi, dan pemuda, dia berdoa kepada para Dewa untuk membawa kedamaian bagi dunia dan membantu Paris menjadi tuan rumah yang sukses.

"Apollo, Dewa Matahari dan perwujudan Cahaya, kirimkanlah sinarmu dan nyalakanlah obor suci ini untuk kota Paris yang ramah, dan engkau, Zeus, berikanlah kedamaian bagi semua orang di Bumi dan berikanlah karangan bunga kepada para pemenang Perlombaan Suci," ujar sang aktris.

Setelah pertunjukan tari yang terinspirasi dari mitologi Yunani kuno di dalam stadion kuno yang menjadi tempat penyelenggaraan Olimpiade pertama di masa lalu itu, sang Pendeta Agung menyerahkan obor yang telah menyala dan ranting zaitun kepada pembawa obor pertama.
 
Aktris Yunani Mary Mina (depan kanan), berperan sebagai Imam Besar, menyalakan api saat latihan terakhir upacara penyalaan api Olimpiade untuk Olimpiade Paris 2024 di Olympia Kuno, Yunani, pada 15 April 2024. (Xinhua/Marios Lolos)   


Atlet Yunani Stefanos Ntouskos, peraih medali emas dari cabang olahraga dayung di Olimpiade Tokyo 2020, yang terpilih sebagai pembawa obor pertama, memulai estafet latihan pada Senin, setelah seorang penari secara simbolis melepaskan seekor burung merpati untuk menyebarkan cita-cita Olimpiade yaitu persahabatan dan perdamaian ke seluruh dunia. 

Upacara penyalaan obor resmi akan diadakan pada Selasa (16/4), yang juga akan menandai dimulainya estafet obor di seluruh Yunani sebelum pihak penyelenggara Yunani menyerahkan obor kepada delegasi Prancis dalam upacara serah terima di Panathinaic Stadium di Athena pada 26 April mendatang.

"Saya mengharapkan yang terbaik untuk para atlet," kata Mina kepada Xinhua.

"Kami mengharapkan Gencatan Senjata Olimpiade dan perdamaian di seluruh dunia," kata Artemis Ignatiou, koreografer untuk upacara penyalaan dan serah terima obor.

Tim solid beranggotakan 50 orang yang dipimpin Ignatiou, yang meliputi aktor, penari, musisi, dan staf pendukung, telah bekerja selama beberapa bulan untuk mempersiapkan kedua upacara tersebut di Yunani.

Ignatiou akan berada di Paris untuk upacara pembukaan dan penutupan Olimpiade. Olimpiade Paris sendiri akan diselenggarakan pada 26 Juli hingga 11 Agustus mendatang. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024