Saya sangat bersyukur karena logo tersebut memenangkan Juara 1 dalam sayembara ini. Tentunya ini tidak mudah, karena para peserta berasal dari institusi terbaik di Indonesia yang juga memiliki ilmu dan pengalaman luar biasa
Depok (ANTARA) - Dua mahasiswa Universitas Indonesia (UI) borong juara dalam Sayembara Desain Logo Riset Inovatif Produktif (Rispro) untuk Program Indonesia–Nanyang Technological University Singapore Institute of Research for Sustainability and Innovation (INSPIRASI).

Mereka adalah Saharuddin (mahasiswa Program Doktoral Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Keperawatan) sebagai Juara 1 dan Yudha Pratama Putra (mahasiswa Program Magister Kajian Timur Tengah dan Islam, Sekolah Kajian Strategik dan Global) sebagai Juara 2.

"Saya sangat bersyukur karena logo tersebut memenangkan Juara 1 dalam sayembara ini. Tentunya ini tidak mudah, karena para peserta berasal dari institusi terbaik di Indonesia yang juga memiliki ilmu dan pengalaman luar biasa," ujar Saharuddin di Depok, Selasa.

Sementara itu Yudha Pratama mengatakan selama mengikuti lomba desain logo dibutuhkan persiapan yang matang dan inspirasi untuk mengasah kreativitas.

Baca juga: Mahasiswa UI raih dua penghargaan internasional bidang Teknik Industri

Ia harus memahami arahan yang diberikan dan tujuan pembuatan logo, serta memastikan elemen-elemen yang harus ada dalam desain. Tantangan yang paling berat, kata dia, menyelaraskan nilai, misi, dan visi INSPIRASI dengan tren desain logo saat ini, sehingga desain yang dihasilkan unik dan orisinal.

“Menjadi salah satu pemenang sayembara logo yang membanggakan nama kampus UI adalah pencapaian yang sangat berharga...Pengalaman ini meningkatkan kepercayaan diri saya sebagai desainer, sekaligus memberikan inspirasi untuk terus berkarya hingga ke mancanegara,” kata Yudha yang juga merupakan pemenang sayembara logo LRT Jabodetabek tahun 2023.

Program INSPIRASI merupakan kerja sama Indonesia dan Singapura di bidang riset mengenai perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan. Kolaborasi riset yang akan dijalankan selama lima tahun ini melibatkan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjendiktiristek) Kemendikbudristek dengan lima universitas pendiri, yakni Nanyang Technological University (NTU), Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Institut Teknologi Sepuluh November.

Baca juga: Mahasiswa UI raih juara kedua kompetisi GameJam Plus Indonesia

Sesuai dengan tiga pilar INSPIRASI yakni energi terbarukan, ekonomi sirkular, dan smart city, Saharuddin menciptakan logo bertema “Inovasi Ekonomi yang Terus Bertumbuh”.

Pengumuman pemenang sayembara logo INSPIRASI ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Nomor 2492/E3/KM.00/2024 tentang Pemenang Lomba Sayembara Desain INSPIRASI yang dikeluarkan Direktur Kelembagaan Ditjendiktiristek Kemendikbudristek pada 6 April 2024. 

Selain UI, sayembara juga dimenangkan oleh Bernard Redemptus Nindita Navaldi dari UGM sebagai Juara 3 dan Nila Eleora Putri Sianturi dari ITB sebagai Juara 4.

Baca juga: Mahasiswa UI juara balap mobil nasional ISSOM

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024