Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Pemkot Jakpus) kembali melakukan pengaturan lalu lintas di beberapa ruas jalan yang ramai dilalui kendaraan bermotor, setelah masa libur Lebaran selesai.

"Hari pertama kerja setelah libur Lebaran masih lancar, tetapi tetap kita lakukan pengaturan sama seperti hari kerja sebelum Idul Fitri," kata Kepala Seksi Pengendalian Pengendalian Operasional Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Kota Jakarta Pusat Haryo Bagus Kusuma Dewa di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan pengaturan itu untuk mengantisipasi adanya kemacetan.

Ia menjelaskan bahwa pada masa libur Lebaran, pihaknya tetap melakukan penjagaan dan pengaturan lalu lintas yang difokuskan pada kawasan wisata, pintu tol, serta kawasan sekitar Masjid Istiqlal dan Katedral.

Baca juga: DKI diingatkan untuk buat rekayasa lalin urai macet mudik Lebaran

Adapun pada hari pertama kerja, petugas melakukan pengaturan lalu lintas di beberapa titik Jakarta Pusat, seperti Jalan Letjen Suprapto hingga "underpass" Senen, Salemba Raya, Jenderal Sudirman-MH. Thamrin dan Kawasan Monas.

"Di Jalan Letjen Suprapto tadi kita pantau yang biasanya antrean ke 'underpass' Senen cukup panjang, tetapi hari ini masih cukup lengang. Meski begitu, tetap kita lakukan penutupan Jalan Tanah Tinggi III yang menuju 'underpass' Senen seperti biasanya," katanya.

Petugas juga melakukan pengawasan lalu lintas di beberapa stasiun kereta jarak jauh seperti, Stasiun Gambir dan Senen, meskipun volume penumpang sudah turun.

Menurut Haryo, kegiatan rutin pengaturan lalu lintas dapat membantu masyarakat pengguna jalan untuk merasa aman dan nyaman saat berkendara di jam-jam sibuk, serta merupakan wujud pelayanan kepada masyarakat.

Baca juga: Pemkot Jaksel pastikan layanan publik maksimal setelah libur Lebaran


 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024