Persiapan Gernas BBI/BBWI sudah lengkap dan dijadwalkan digelar pada 3-5 Mei 2024 di halaman Kantor Gubernur Riau
Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Riau menyediakan 150 stan berupa panggung mini untuk promosi produk, jasa maupun branding bagi produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) 2024.

"Keberadaan stan tersebut untuk mempromosikan aneka produk UMKM lokal, semoga bisa memberikan efek ganda kepada perekonomian masyarakat," kata Penjabat Gubernur Riau SF Hariyanto di Pekanbaru, Selasa.

Menurut Hariyanto, selain 150 stan untuk pelaku UMKM lokal yang berjualan di lokasi Gernas BBI --dirangkaikan dengan Gernas Bangga Berwisata Indonesia (BBWI)-- itu juga akan tersedia stan pameran untuk pemda dan berbagai instansi lain.

Ia menyebutkan bahwa Pemerintah Provinsi Riau sudah mematangkan berbagai persiapan untuk pelaksanaan Gernas tersebut termasuk dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh pihak, pemerintah daerah, pelaku usaha dan masyarakat agar Gernas BBI/BBWI 2024 berjalan lancar.

"Persiapan Gernas BBI/BBWI sudah lengkap dan dijadwalkan digelar pada 3-5 Mei 2024 di halaman Kantor Gubernur Riau di Jalan Cut Meutia di Pekanbaru," katanya.

Baca juga: Bapenda Riau hapus sanksi denda terlambat membayar pajak kendaraan

Baca juga: Menhub: Pengalihan FIR Kepri-Natuna berdampak positif bagi Indonesia


Ia mengatakan Provinsi Riau memiliki potensi dan produk unggulan dalam mendukung Program BBI/BBWI, dengan ragam produk lokal ciri khas daerah serta kaya sumber daya alam yang menarik wisatawan dari berbagai daerah. Sementara itu 6 provinsi dijadwalkan hadir dan segera menyusul 3 provinsi lain untuk hadir.

Untuk itu, katanya lagi, sebagai tuan rumah penyelenggara maka Pemerintah Provinsi Riau segera berkonsultasi dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) dan Kementerian Perhubungan.

"Mari bersama gebyarkan Lancang Kuning Carnaval 2024, merupakan sebuah festival berbasis 'fashion carnival' yang juga pameran ekraf, serta penampilan 307 busana, tarian massal kolosal yang dilakukan 10.000 penari dari pelajar," katanya.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) Riau, M. Taufiq OH mengatakan bahwa program ini telah diluncurkan Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2023 yang fokus untuk mendorong optimalisasi belanja pemerintah untuk produk dalam negeri.

Pada 2023-2024, Gernas BBI diperluas cakupannya dengan penambahan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI). Peluncuran Gernas BBI pada 14 Mei 2023 oleh Presiden Joko Widodo, tercatat sebanyak 20,6 juta unit UMKM lokal "onboarding" atau masuk ke ekosistem digital dan semakin dekat menuju target 30 juta UMKM pada 2024.

Baca juga: Dinas PUPR-PKPP Provinsi Riau perbaiki jalan berlubang di Pekanbaru

Baca juga: Ruas jalan lintas nasional Riau siap dilalui pemudik Idul Fitri 2024

 

Pewarta: Frislidia
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024