Kendari (ANTARA) - Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara (Sultra) melayani penukaran uang rupiah sebesar Rp33,26 miliar selama periode Ramadhan 1445 Hijriah.

Kepala KPw BI Sultra Doni Septadijaya saat ditemui di Kendari, Rabu, mengatakan bahwa layanan penukaran uang rupiah tersebut diselenggarakan dalam kegiatan Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri atau SERAMBI 2024 dengan tema "Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah".

"Pada kegiatan tersebut Bank Indonesia Sulawesi Tenggara telah menyalurkan 33,26 miliar rupiah atau mengalami peningkatan sebesar 67,5 persen dibandingkan tahun 2023 sebesar 19,86 miliar," kata Doni.

Dia menyebutkan bahwa untuk jumlah penukaran uang di laman BI Pintar juga mengalami peningkatan sebanyak 1.709 orang dibanding dengan tahun 2023 lalu hanya 112 orang yang melakukan penukaran uang rupiah.

"Peningkatan penukaran rupiah menunjukkan peningkatan kebutuhan transaksi masyarakat sejalan pemulihan aktivitas ekonomi dan peningkatan BI Pintar menjadi sinyal positif adopsi teknologi digital oleh masyarakat," ujarnya.
 
Layanan penukaran uang rupiah BI Sultra. (Antara/La Ode Muh Deden Saputra)
Doni  menyampaikan bahwa kesuksesan tersebut juga didukung oleh peran 24 mitra perbankan di seluruh wilayah Bumi Anoa yang turut andil dalam penukaran rupiah pada masyarakat, melalui 90 titik penukaran yang tersedia di 17 kabupaten/kota se-Sultra.

"Selain itu, turut dilaksanakan Layanan Penukaran Terpadu bekerjasama dengan Korem 143 Haluoleo sejak 25 Maret sampai dengan 4 April 2024 yang dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan pasar murah dengan tingkat penukaran sebesar Rp4,4 miliar dan pelaksanaan layanan Kas Keliling bagi para pemudik di Pelabuhan Nusantara Kendari dan Pelabuhan Ferry Wawonii pada 26 Maret 2024, dengan tingkat penukaran sebesar Rp500,7 juta," jelas Doni.

Ia menambahkan bahwa selama periode Ramadhan dan Idul Fitri, BI Sultra berkomitmen untuk memenuhi ketersediaan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya, salah satunya dengan melaksanakan kegiatan penukaran uang rupiah.

"Tujuan tersebut diimplementasikan melalui kegiatan SERAMBI 2024 dengan tema “Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah”, yang telah dilaksanakan pada 13 Maret sampai dengan 5 April 2024," tambah Doni.

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024