Milan (ANTARA News) - Pelatih Sampdoria yang baru Sinisa Mihajlovic meminta para pemainnya untuk menggulung lengan baju dan berjuang keras untuk menyelamatkan tim dari ancaman degradasi.

Mihajlovic bergabung dengan klub Liga Italia itu pada Rabu setelah meninggalkan posisinya sebagai pelatih tim nasional Serbia, yang gagal dibawanya lolos ke putaran final Piala Dunia 2014 di Brazil.

Ia memiliki kontrak berdurasi enam bulan di klub Genoa itu, salah satu klub yang sempat diperkuatnya selama berkarir di kompetisi papan atas Italia.

Meski berjanji untuk menggunakan segenap kemampuannya untuk membuat klub tetap bertahan di kompetisi strata tertinggi, Mihajlovic, meminjam kata-kata dari mantan presiden AS John F. Kennedy, meminta timnya untuk melakukan upaya terbaik dalam operasi penyelamatan.

"Kepada para pemain saya berkata, jangan tanya apa yang diberikan klub kepada Anda, namun apa yang dapat Anda lakukan untuk klub," kata Mihajlovic pada perkenalan resminya pada Kamis.

"Saya ditawari kontrak jangka panjang untuk melatih Serbia, namun saya malah memilih kesepakatan enam bulan di Sampdoria sebab klub membantu saya untuk menjadikan saya seperti hari ini."

Sampdoria duduk di peringkat ketiga dari bawah di klasemen liga Italia dengan koleksi sembilan angka dari 12 pertandingan, di mana tiga penampilan terakhir mereka, yang semuanya berujung kekalahan, memicu pemecatan Delio Rossi pada awal bulan ini.

Mantan pemain internasional Yugoslavia Mihajlovic telah dikonfirmasi untuk menduduki posisi barunya pada Rabu, namun ia akan memulai debutnya sebagai pelatih Sampdoria saat klub itu menjamu bekas klubnya yang lain, Lazio, pada Minggu.

Mihajlovic sebelumnya pernah melatih Fiorentina, Bologna, dan Catania di Liga Italia, setelah mengakhiri karirnya sebagai pemain di mana ia pernah menjuarai Piala Eropa bersama Red Star Belgrade pada 1991 dan gelar Liga Italia bersama Lazio.

Mihajlovic bermain untuk Sampdoria dari 1994 sampai 1998, demikian AFP. (Uu.H-RF/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013