Kalau untuk sementara ini kita belum mendapat data pendatang baru, sekarang masih kita proses pendataan. Kemungkinan nanti setelah sepekan pasca-Lebaran kita akan mengetahui data itu
Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Provinsi Banten,  mendata penduduk atau pendatang baru yang tiba ke wilayah Kabupaten Tangerang pasca-Lebaran 2024.

Plt Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tangerang Hedi Mochamad Hertadi di Tangerang, Rabu, menyampaikan bahwa pendataan pendatang baru itu dilakukan untuk memastikan mereka masuk dalam catatan kependudukan di wilayahnya tersebut.

Dengan meningkatnya mobilitas para pendatang baru, kata dia, diperlukan gambaran kondisi dan perkembangan serta ketersediaan data penduduk secara non-permanen.

"Kalau untuk sementara ini kita belum mendapat data pendatang baru, sekarang masih kita proses pendataan. Kemungkinan nanti setelah sepekan pasca-Lebaran kita akan mengetahui data itu," katanya.

Baca juga: Disdukcapil sosialisasi pendaftaran kependudukan non-permanen

Untuk masa periode Lebaran tahun ini, lanjut dia,  jumlah pendatang baru diperkirakan tidak mengalami peningkatan yang signifikan. Hal tersebut, kata dia, sama terjadi seperti tahun sebelumnya.

"Kemungkinan penduduk baru tidak meningkat, sama seperti tahun lalu, yang mana hanya meningkat satu persen saja dari jumlah penduduk yang ada di Kabupaten Tangerang," ujarnya.

Ia menyebut penyebab tak meningkatnya pendatang baru ke Kabupaten Tangerang, karena secara umum pembangunan nasional sudah merata di beberapa daerah, termasuk infrastrukturnya.

Baca juga: Disdukcapil tetap berikan layanan adminduk saat libur lebaran

Selain itu, menurutnya, perekonomian nasional juga sudah membaik, begitupun dengan pemerataan lapangan kerja yang saat ini sudah banyak pilihan di seluruh Indonesia, sehingga mobilitas massa dari daerah ke kota besar mengalami penurunan.

"Yang datang ke Kabupaten Tangerang saat ini paling sekitar ratusan saja. Tapi kalau untuk secara detail datanya, nanti nunggu setelah seminggu pasca-pendataan kita," kata Hedi.

Baca juga: DKI mendata pendatang baru hingga pertengahan Mei 2024
 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024