Jakarta (ANTARA) - Vokalis dan gitaris band Blink-182 Tom DeLonge memperkenalkan gitar listrik signature Starcaster hasil kolaborasi dengan Fender.

Menurut siaran Billboard pada Rabu, Tom DeLonge Starcaster merupakan gitar offset semi-hollow yang dilengkapi pickup Seymour Duncan SH-5.

DeLonge membuat beberapa perubahan pada Starcaster, yang versi aslinya dikeluarkan tahun 1970-an, dan menguji gitar tersebut dalam tur global Blink-182 untuk mendukung One More Time..., album studio kesembilan band pop-punk tersebut yang dirilis tahun 2023.

"Saya suka gitar ini, sungguh. Ini gitar paling keren yang pernah dibuat. Pertama, ini disebut Starcaster, itu yang paling penting. Ini menjangkau luar angkasa dan memperluas pikiran," kata DeLonge dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Tom DeLonge sanjung Matt Skiba karena menjaga Blink-182

DeLonge menyederhanakan perangkat elektronik pada gitar dan menambahkan headstock tahun 70-an untuk membulatkan bobotnya, serta menggunakan perangkat keras berwarna hitam agar tampilannya sesuai dengan nuansa modern.

"Gitar ini menunjukkan evolusi saya sebagai seorang pemain, tetapi juga memiliki ciri khas berkenaan dengan dari mana saya berasal dan tentang diri saya," kata DeLonge, yang selama berada jauh dari band mempelajari U.F.O.

Gitar Tom DeLonge Starcaster harganya hampir 1.200 dolar AS atau sekitar Rp19,4 juta.

Produk itu menandai kali kedua DeLonge mengerjakan proyek gitar dengan Fender, menyusul peluncuran Tom DeLonge Stratocaster pada 2002, yang dirilis ulang pada 2022, ketika DeLonge bergabung kembali dengan Blink-182.

One More Time... adalah album pertama Blink-182 dengan barisan anggota lama grup yang terdiri atas penabuh drum Travis Barker, vokalis/bassist Mark Hoppus, dan Tom DeLonge sebagai vokalis dan gitaris sejak DeLonge meninggalkan trio tersebut selama tujuh tahun sejak 2015.

Album tersebut menempati urutan pertama di Billboard 200, bergabung dengan album California (2016) dari Blink-182 dengan anggota Travis Barker, Hoppus, dan gitaris/vokalis Matt Skiba serta album Take Off Your Pants and Jacket (2001).

Blink-182 akan melanjutkan tur di Amerika Utara mulai akhir Juni dan melakukan pertunjukan di Inggris dan Eropa pada Agustus

Baca juga: Fender luncurkan gitar akustik buatan AS

​​​​​​​Baca juga: Tom DeLonge gabung lagi dengan Blink-182 untuk tur dunia 2023

 

Penerjemah: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024