Semarang (ANTARA News) - Pemerintah Kota Semarang akan menggelar festival perahu hias warak ngendok selama dua hari mulai Sabtu (23/11).

"Mulai Sabtu pukul 10.00 WIB masyarakat dapat menikmati keindahan aneka perahu hias dan berbagai atraksi menarik," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Nurjanah, Jumat.

Festival, menurut dia, akan mencakup parade perahu hias warak, peragaan busana, pertunjukan musik dan pagelaran wayang kulit dengan lakon Romo Tambak.

Penyelenggara akan menilai perahu hias yang mengikuti parade dalam festival bertema "Sungaiku Bersih" itu dan menyediakan hadiah total Rp38 juta.

"Nanti juga akan ada pertunjukan air spektakuler yang terinspirasi dari Song of the Sea di Sentosa Island Singapura sehingga diharapkan acara lebih meriah," kata Nurjanah.

Ia menuturkan, pada masa lalu Belanda menyebut Sungai Banjir Kanal Barat Semarang sebagai Vanice van Java. Sungai itu merupakan jalur transportasi utama kota pada zaman penjajahan Belanda.

Pemerintah kota, lanjut dia, menggelar festival perahu untuk membangkitkan kecintaan warga terhadap sungai sehingga mau menjaga kebersihan serta keindahan sungai-sungai di seluruh kota.

Pewarta: Nur Istibsaroh
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013