Pekanbaru, (ANTARA) - Jajaran Keimigrasian Kantor Wilayah Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Riau mencatat sebanyak 3.763 orang melintasi perbatasan Indonesia dan Malaysia melalui Pelabuhan Laut Internasional Dumai selama libur Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Jajaran telah melakukan pemeriksaan Imigrasi sebanyak 3.763 orang di Pelabuhan Dumai dengan tujuan keberangkatan dan kedatangan dari Melaka, Port Dickson dan Muar. Jumlah ini merupakan akumulasi dari keberangkatan sebanyak 1.911 orang dan kedatangan sebanyak 1.852 orang," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Riau, Budi Argap Situngkir, Rabu.

Melaka, lanjut dia masih menjadi tujuan favorit masyarakat Riau yang menyeberang ke Malaysia melalui Pelabuhan Internasional Dumai. Terdiri atas keberangkatan sebanyak 1.540 orang, dan kedatangan sebanyak 925 orang pada periode ini.

"Tingginya angka ini menunjukkan bahwa banyak masyarakat Riau yang memanfaatkan momen libur Idul Fitri untuk mengunjungi sanak saudara yang berada di negeri jiran atau berwisata di negara tetangga,” ungkapnya.

Pada periode yang sama, kata dia ada sebanyak 9.817 orang melakukan perlintasan Indonesia-Malaysia melewati pemeriksaan imigrasi Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Riau masih mempertimbangkan transportasi laut untuk menyeberang ke Malaysia melalui Pelabuhan Internasional Dumai.

Budi menyampaikan bahwa petugas Imigrasi Kanwil Kemenkumham Riau akan terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pemudik dan pelintas batas, baik melalui jalur laut, maupun udara. Berdasarkan laporan petugas di lapangan, tidak terdapat gangguan keamanan maupun pelanggaran administrasi keimigrasian selama arus mudik dan balik Idul Fitri 1445 H.

"Kami pastikan bahwa usai Idul Fitri pelayanan keimigrasian tetap berjalan seperti biasanya, baik itu pelayanan pembuatan paspor maupun pengawasan terhadap orang asing terutama persiapan dalam menghadapi ajang nasional maupun internasional di Provinsi Riau,” tutur Budi Argap.
Baca juga: Kemenkumham-Gubernur membahas pembukaan Pelabuhan Internasional Dumai
Baca juga: Pelindo Dumai resmi layani petikemas internasional


 

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024