Jakarta (ANTARA) - Gelandang Real Madrid, Fede Valverde mengapresiasi kerja keras rekannya yang berposisi sebagai penjaga gawang Andriy Lunin yang tampil solid sepanjang pertandingan leg kedua babak perempat final Liga Champions.

Real Madrid memastikan langkah lolos ke babak semifinal usai menang atas Manchester City lewat drama adu penalti, 4-3 dalam pertandingan leg kedua perempat final yang berlangsung di Stadion Etihad, Manchester, Kamis dini hari WIB.

"Kami harus mengucapkan selamat kepada Lunin karena dia mendapat beberapa kritik setelah hasil leg pertama karena sesuatu yang bisa terjadi pada siapa saja. Dia berdiri kuat hari ini, dia menunjukkan keberanian yang dibutuhkan di Real Madrid dan menunjukkan betapa fantastisnya posisi penjaga gawang itu," kata Fede Valverde dikutip dari laman resmi klub, Kamis.

Dalam pertandingan leg pertama yang berakhir imbang 3-3, Lunin sempat mendapatkan kritikan dari sejumlah pihak karena tampil di bawah performa dan gagal melakukan sejumlah penyelamatan yang krusial. Sepanjang pertandingan selama 120 menit ini, Lunin tampil solid dengan mencatatkan sembilan kali penyelamatan dari sepuluh tembakan yang mengarah ke gawang, yang satu diantaranya berbuah gol Kevin De Bruyne pada menit ke-76.

Penampilan kiper timnas Ukraina tersebut menjadi kunci El Real untuk memastikan tiket lolos usai pada babak adu penalti, Lunin melakukan dua penyelamatan krusial untuk menggagalkan tembakan penalti Bernardo Silva dan Mateo Kovacic.

"Real Madrid selalu memberikan hal yang tak terduga, itu bagian dari sepakbola. Lawan melakukan permainan lebih dominan, bermain sepanjang pertandingan dengan penguasaan yang lebih baik dari kami dan menjadi favorit (untuk lolos). Tapi kami adalah Real Madrid dan kami menganalisa, bertahan dengan baik dan berjuang keras," ujar Valverde.

Meski terus digempur habis-habisan dan minim peluang di lini serang, Valverde mengapresiasi kerja keras dari lini serang El Real yang tampil luar biasa dengan memberikan tekanan melalui serangan balik.

"Ada rekan satu tim seperti Vini, Jude dan Rodrygo yang luar biasa dalam serangan, tetapi hari ini mereka melakukan pekerjaan yang luar biasa. Bellingham berjuang sampai akhir, dia memiliki keberanian untuk mengambil penalti dan itu mengatakan banyak tentang keberanian dan kebanggaan pemain ini," ujar kapten timnas Uruguay tersebut.

Di babak semifinal nantinya, Real Madrid telah ditunggu lawan berat Bayern Muenchen yang pada babak perempat final sebelumnya menaklukkan Arsenal dengan agregat skor 3-2.


Baca juga: Real Madrid ke semifinal setelah menang adu penalti 4-3 lawan Man City
Baca juga: Nacho sanjung pertahanan solid Real Madrid saat benamkan City
Baca juga: Empat tim yang melaju ke semifinal Liga Champions

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2024