Jakarta (ANTARA) - Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) berhasil meraih predikat studi teknik terbaik di Indonesia dengan meraih peringkat satu pada "QS World University Rangkings 2024".
 
"Yang luar biasa, empat bidang studi di FTUI diakui sebagai bidang studi teknik terbaik di Indonesia pada 'QS WUR 2024 Specific Subject'," kata Dekan FTUI Prof Dr Heri Hermansyah di Jakarta, Kamis.
 
FTUI kali ini menduduki peringkat 320 dunia pada subjek teknik dan teknologi dalam pemeringkatan "The Quacquarelli Symonds World University Ranking (QS WUR) by Subject 2024".
 
Posisi ini meningkat dari tahun sebelumnya, yakni di peringkat 335 dunia. Selain itu, berdasarkan pemeringkatan yang dikeluarkan "QS WUR 2024", untuk "broad subject engineering", FTUI menempati posisi ke-2 di Indonesia, ke-11 di Asia Tenggara dan ke-99 di Asia.

Baca juga: UI buka kelas internasional teknik komputer dan lingkungan
 
Mahasiswa FTUI ketika melakukan praktik. (ANTARA/HO-Humas UI
Empat bidang studi di FTUI yang diakui sebagai bidang studi teknik terbaik di Indonesia pada "QS WUR 2024 Specific Subject'", dua di antaranya, teknik kimia dan arsitektur yang mempertahankan posisinya sebagai bidang studi terbaik selama dua tahun berturut-turut.
 
Sedangkan teknik mesin dan teknik elektro baru tahun ini menyandang peringkat pertama. Adapun keempat bidang studi FTUI yang masuk dalam studi teknik terbaik di Indonesia, di antaranya "Architecture and Built Environment" dengan posisi ke-1 di Indonesia, ke-10 di Asia Tenggara, ke-64 di Asia dan 151-200 di dunia.
 
Lalu, "Chemical Engineering" menempati posisi ke-1 di Indonesia, ke-12 di Asia Tenggara, ke-110 di Asia dan 251-300 di dunia. Selanjutnya, "Electrical and Electronic Engineering", yakni peringkat ke-1 di Indonesia, ke-13 di Asia Tenggara, ke-111 di Asia dan 251-300 di dunia.
 
Terakhir, bidang studi "Mechanical Engineering" berhasil meraih peringkat ke-1 di Indonesia, ke-10 di Asia Tenggara, ke-109 di Asia dan 301-350 di dunia.
 
"Keberhasilan empat bidang FTUI dalam meraih peringkat tertinggi di Indonesia merupakan bukti nyata dari komitmen FTUI dalam menyediakan pendidikan dan riset berkualitas tinggi," ujar Heri.

Baca juga: Mahasiswa UI raih dua penghargaan internasional bidang Teknik Industri
 
Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU. (ANTARA/HO-Humas UI
Menurut Heri, hal ini merupakan pencapaian membanggakan yang perlu menjaga momentum untuk terus memacu diri dalam mencapai prestasi yang semakin unggul dan berdampak di masa depan.
 
"QS World University Rankings by Subject 2024" menampilkan 55 subjek individual yang dikelompokkan ke dalam beberapa kategori, antara lain "Arts&Humanities", "Engineering and Technology", "Life Sciences&Medicine" serta "Natural Sciences".

Adapun jumlah institusi yang diperingkatkan pada tahun ini sebanyak 1.559 dengan 64 universitas yang baru bergabung.
Baca juga: Dekan FTUI sebut biomassa berperan penting kurangi emisi karbon

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024