Tender bakal dimulai pada Juni 2024. Sementara pelaksanaan proyek ditargetkan dimulai Juli hingga Desember 2024
Jakarta (ANTARA) - Akademisi Universitas 17 Agustus Fernando Emas mendukung penuh rencana Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono terkait restorasi rumah dinas Gubernur DKI Jakarta yang berada di Menteng, Jakarta Pusat sebesar Rp22,2 miliar.

"Saya mendukung upaya yang dilakukan oleh pemerintah DKI Jakarta untuk melakukan restorasi cagar budaya," ujar Fernando saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Waka DPRD DKI dukung restorasi rumah dinas Gubernur DKI Rp22,2 miliar
 
Fernando mengatakan, dengan anggaran mencapai Rp22,2 miliar tentu restorasi rumah dinas gubernur ini harus bermanfaat. Apalagi, rumah dinas termasuk dalam cagar budaya yang sudah pasti beda perawatannya dengan bangunan biasa.
 
"Anggaran sebesar Rp22,2 miliar merupakan jumlah yang cukup besar. Namun karena gedung rumah dinas Gubernur DKI Jakarta merupakan cagar budaya tentu anggaran dan juga penanganan tidak seperti gedung biasa yang tidak termasuk cagar budaya," ujar Heru.
 
Oleh karena itu, Fernando meminta semua pihak memahami terlebih dahulu kebutuhan anggaran dan manfaat dari pengerjaannya sebelum melakukan penolakan karena melihat besaran anggaran yang dikeluarkan Pemprov DKI.
 
Pemprov DKI Jakarta akan melakukan restorasi terhadap rumah dinas Gubernur DKI Jakarta. Pemprov DKI menganggarkan Rp22,2 miliar untuk restorasi rumah dinas tersebut.

Baca juga: DKI kemarin, restorasi rumah dinas gubernur hingga penonaktifan NIK
 
Dilihat dari laman Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah SiRUP LKPP, yang dipantau Rabu (17/4), proyek "Pekerjaan Restorasi Rumah Dinas Gubernur DKI Jakarta" itu diberi kode RUP 50774494.
 
Proyek tersebut berada di Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan DKI Jakarta.
 
"Sumber dana APBD 2024 Provinsi DKI Jakarta. Total pagu Rp22,2 miliar," tulis laman tersebut.
 
Tender bakal dimulai pada Juni 2024. Sementara pelaksanaan proyek ditargetkan dimulai Juli hingga Desember 2024.
 
"Pemanfaatan barang atau jasa mulai 2025," demikian tertulis dalam laman tersebut.
 
Selain itu, Pemprov DKI telah membuka tender untuk "Perencanaan Restorasi Rumah Dinas Gubernur DKI Jakarta" dengan total pagu Rp1.549.282.980 (Rp1,5 miliar). Pemprov DKI juga membuka tender "Pengawasan Restorasi Rumah Dinas Gubernur DKI Jakarta" dengan total pagu Rp1.161.962.235 (Rp1,1 miliar).

Baca juga: Heru: Restorasi rumah dinas gubernur bertujuan untuk perbaiki aset

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024