Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video di Facebook menampilkan lembaran yang diklaim uang baru dari Bank Indonesia dengan tulisan nominal 1.0 dengan warna gradasi putih, merah, hijau dan kuning.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Uang keluaran terbaru 2024 di Indonesia

Pecahan yang katanya 1 lembaranya setara 1 juta rupiah”

Namun, benarkah BI keluarkan uang terbaru 1.0 setara satu juta rupiah?

 

Unggahan hoaks yang menarasikan BI keluarkan uang terbaru 1.0 setara satu juta rupiah. Faktanya, BI menyatakan uang tersebut merupakan spesimen, bukan resmi. (Facebook)
Penjelasan:

Dilansir dari media sosial Bank Indonesia, video lembaran uang dengan nominal 1.0 merupakan House Note dari Perum Peruri. House Note merupakan uang specimen (uang contoh) yang diterbitkan oleh banknote printer atau perusahaan pencetak uang, dalam hal ini adalah Perum Peruri.

Tujuan diterbitkannya untuk mempromosikan kemampuannya dalam mencetak uang menggunakan teknologi keamanan tertentu. Uang contoh tersebut tidak dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang sah karena tidak memiliki ciri-ciri uang Rupiah, seperti yang tertuang didalam Undang-Undang Mata Uang Nomor 7 Tahun 2021.

Hingga saat ini, Bank Indonesia belum menerbitkan uang rupiah terbaru. Terakhir, Bank Indonesia menerbitkan tujuh pecahan uang Rupiah kertas tahun emisi 2022 pada 18 Agustus 2022.

Klaim: Uang keluaran terbaru setara satu juta rupiah

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! BI keluarkan uang kertas emisi terbaru bergambar Sri Mulyani

Cek fakta: Hoaks! Pembagian dana Rp125 juta untuk setiap peserta BPJS Kesehatan

Baca juga: Jasa tukar uang baru di Terminal Kalideres untung Rp500 ribu sehari

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024