Jakarta (ANTARA) - Beberapa peristiwa politik kemarin (18/4) menjadi sorotan, di antaranya pertemuan antara Menteri Luar Negeri China Wang Yi dan Menteri Pertahanan RI/calon Presiden Terpilih Prabowo Subianto sampai respons Ketua KPU Hasyim Asy’ari terhadap tuduhan yang ditujukan kepada dirinya.

Berikut beberapa berita politik kemarin rangkuman ANTARA yang menarik untuk kembali dibaca:

Prabowo dan Menlu China Wang Yi bahas kerja sama pertahanan

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi membahas kerja sama pertahanan dalam pertemuan bilateral tertutup di Kantor Kemhan, Jakarta, Kamis.

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama bilateral dengan Indonesia, baik di bidang pertahanan maupun bidang lain seperti ekonomi, sosial, dan budaya," kata Wang Yi dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.


Ketua KPU akan tanggapi tuduhan perbuatan asusila di waktu yang tepat

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari akan menanggapi aduan dirinya yang dilayangkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI atas dugaan tindakan asusila yang dilakukannya terhadap panitia penyelenggara luar negeri (PPLN) pada waktu yang tepat.

"Nanti saja saya tanggapi pada waktu yang tepat. Mohon maaf ya," ujar Hasyim saat dihubungi dari Jakarta, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.


Gerindra: Pembicaraan kursi kabinet kian intensif jelang putusan MK

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan bahwa pembicaraan terkait komposisi kabinet Prabowo-Gibran kian intensif menjelang putusan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK) pada Senin (22/4).

"Saya kira dengan makin dekatnya keputusan Mahkamah Konstitusi, saya kira pembicaraan tentang susunan kabinet dalam pemerintahan Prabowo-Gibran makin intensif, baik menteri-menteri yang berasal dari partai koalisi, ataupun menteri-menteri yang berasal dari berbagai macam profesi dan keahlian, termasuk daerah-daerah," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.


Menpan RB: 18.557 formasi CASN Bawaslu disetujui

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyerahkan persetujuan 18.557 formasi calon aparatur sipil negara (CASN) 2024 di lingkungan Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu).

"Rinciannya 1.984 CPNS dan 16.573 PPPK, termasuk untuk formasi-formasi yang penting dalam mendukung kinerja Bawaslu seperti analis hukum, analis pengawasan, hingga auditor," kata Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.


PDIP syaratkan calon kepala daerah tak boleh bohong

PDI Perjuangan mensyaratkan kadernya yang ingin maju sebagai kepala daerah dalam Pilkada Serentak 2024 agar tidak berbohong.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan pihaknya sudah menyiapkan kader melalui sekolah partai untuk maju sebagai bakal calon gubernur ataupun bupati/wali kota dalam Pilkada Serentak 2024.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024