Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengatakan bahwa kehadiran Barcode Gokart Electric semakin mendorong perkembangan olahraga balap, khususnya gokart di Indonesia.

Dalam laman IMI yang dipantau ANTARA di Jakarta, ia menjelaskan, fasilitas sirkuit gokart elektrik itu tidak hanya diperuntukkan bagi orang dewasa, tetapi juga memiliki jalur khusus untuk kelas junior, sehingga menjadikannya tempat untuk membantu pembinaan serta destinasi olahraga yang sempurna.

"Kehadiran fasilitas itu semakin menumbuhkembangkan olahraga balap, khususnya gokart di Indonesia. Dibangun di atas lahan seluas 3 ribu meter persegi, memiliki lintasan sepanjang 280 meter, dengan 18 tikungan dan tiga check point," kata pria yang kerap disapa Bamsoet itu usai meresmikan Barcode Gokart Electric di Mall of Indonesia (MOI), Jakarta.

Lebih lanjut dia menjelaskan, fasilitas tersebut merupakan sirkuit gokart elektrik tercepat pertama di Indonesia, karena gokart yang dikendarai mampu melaju hingga 70 km/jam.

Dengan begitu, tambah Bamsoet, para pecinta gokart memiliki beragam pilihan, dari mulai kelas Beginner top speed 40 km/jam, Advance top speed 55 km/jam, dan Pro top speed 70 km/jam.

Baca juga: IMI dukung pengembangan kendaraan listrik oleh mahasiswa

Dia mengapresiasi misi dari tempat itu, karena ingin menumbuhkan bakat-bakat pembalap atau atlet baru dengan mengadakan ekstrakurikuler olahraga gokart di usia muda, melalui kegiatan klub sekolah atau Barcode Academy.

Kelas di Barcode Academy dibagi menjadi empat tingkatan. Tingkat pemula untuk usia 7-13 tahun, menengah usia 10-13 tahun, junior berusia 12-17 tahun, serta senior berusia 15 tahun ke atas.

"Barcode Gokart juga akan mengadakan seri kejuaraan gokart elektrik di tanah air. Setiap tahunnya akan dilangsungkan sebanyak enam seri. Dua pemenang kejuaraan seri Barcode Gokart akan dikirim mewakili Indonesia untuk bertarung di kejuaraan internasional gokart elektrik Sodi World Series di Eropa," ujar pria yang juga Ketua MPR RI itu.

Selain itu, dia juga memuji pembangunan sirkuit gokart elektrik dalam ruangan ini, karena memastikan sisi kelayakan serta keamanan tempat tersebut telah memenuhi standar internasional, melalui kerja sama dengan perusahaan industri karting internasional dari Prancis, yaitu Sodikart.

Baca juga: IMI gelar sejumlah kejuaraan nasional dan internasional sepanjang 2024

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024