Kemampuan mengelola sumber daya laut sangat penting untuk meningkatkan ekonomi nelayan
Jayapura (ANTARA) - Dinas Perikanan Kota Jayapura, Papua berkomitmen untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) nelayan, khususnya warga asli daerah setempat.

Kepala Dinas Perikanan Kota Jayapura Matheys Sibi di Jayapura, Jumat, mengatakan peningkatan SDM nelayan putra asli daerah bertujuan supaya mereka bisa bersaing dengan nelayan dari luar Papua dalam mengelola sumber daya alam, terutama perikanan.

"Kemampuan mengelola sumber daya laut sangat penting untuk meningkatkan ekonomi nelayan," katanya.

Menurut Sibi, nelayan asli Papua sekitar seribu lebih di mana data tersebut dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura yang selalu dipakai  pihaknya untuk melakukan pelatihan dan pembinaan serta pemberian bantuan.

"Sementara total nelayan di Kota Jayapura hingga kini berjumlah 2.399 orang meliputi Orang Asli Papua (OAP) dan non OAP," ujarnya.

Dia menjelaskan peningkatan SDM nelayan OAP terus dilakukan seperti penggunaan alat tangkap yang dibantu dengan GPS dan fish finder dan pendampingan dalam pengelolaan keuangan.

"Untuk itu diharapkan semua sarana dan prasarana yang telah diberikan dapat digunakan dengan baik sehingga dalam mengelola hasil laut demi pemenuhan kebutuhan keluarga dan juga masyarakat," katanya.

Dia menambahkan ke depan pihaknya terus memperhatikan kesejahteraan nelayan di daerah ini karena usaha mereka dalam menyiapkan kebutuhan pangan dan pemenuhan gizi masyarakat sangat membantu pemerintah.

Baca juga: Dinas Perikanan Jayapura melibatkan masyarakat menjaga ekosistem laut
Baca juga: DKP Papua sebut potensi pelabuhan perikanan capai Rp1,2 miliar
Baca juga: Wali Kota Jayapura serahkan alat olahan perikanan SMK Karya Gemilang

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024