peresmian ruang praktik ini dapat menjadi wadah bagi siswa untuk mengembangkan kreativitas
Jayapura (ANTARA) - Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey menyerahkan alat praktik pengolahan hasil perikanan sekaligus meresmikan ruangan praktik SMK Karya Gemilang di Distrik Muara Tami, Selasa.

Menurut Pekey, pendidikan kejuruan merupakan pondasi yang kokoh untuk menciptakan generasi muda yang tangguh, mandiri dan berkualitas.

"Salah satu bentuk komitmen pemerintah daerah untuk memberdayakan generasi muda melalui pendidikan ialah dengan meresmikan ruangan praktik SMK Karya Gemilang," katanya.

Dia menjelaskan ruang praktik tersebut guna memberikan pendidikan yang relevan dan aplikatif bagi peserta didik di SMK Karya Gemilang.

Pihaknya mengakui jika setiap individu memiliki potensi yang luar biasa sehingga harus didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai agar siswa dapat belajar dengan baik dalam mempersiapkan diri menjadi tenaga yang siap bersaing di tengah perkembangan teknologi saat ini.

"Sehingga kami berharap dengan diserahkan bantuan dan peresmian ruang praktik ini dapat menjadi wadah bagi siswa untuk mengembangkan kreativitas," ujarnya.

Baca juga: Akademisi nilai SMK Jayawijaya sudah merdeka belajar
Baca juga: SMK di Papua tanda tangani kerja sama dengan 22 mitra dunia usaha


Kepala SMK Karya Gemilang Jalaludin Tiflen mengatakan peserta didik yang ada pada lembaga pendidikan tersebut sebanyak 50 siswa yang tersebar di tiga jurusan yakni kemaritiman, otomotif dan broadcast bidang televisi dan radio.

Dia menjelaskan produksi hasil olahan ikan di SMK Karya Gemilang berupa bakso, ikan asin, nugget ikan, sosis, dan ikan abon yang masih diproses secara manual kemudian pemasaran masih dalam kalangan internal.

"Sehingga dengan diserahkan bantuan dari pemerintah daerah ini diharapkan ke depan kami bisa memproduksi lebih banyak ikan sehingga bisa dipasarkan ke masyarakat luas," katanya.

Baca juga: Diskominfo Papua gandeng MIPI gelar ILPC bagi pelajar SMA/SMK
Baca juga: 10 siswa SMA/SMK Kabupaten Mappi lolos seleksi beasiswa luar negeri
Baca juga: 134 SMK di Papua telah dialihkan ke kabupaten/kota

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024