Beras yang dikeluarkan ini untuk korban bencana erupsi Gunung Ruang di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro
Manado (ANTARA) - Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Sulawesi Utara dan Gorontalo menyerahkan beras bantuan Cadangan Beras Pemerintah Daerah (CBPD) ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut) untuk korban erupsi Gunung Ruang.

"Beras yang dikeluarkan ini untuk korban bencana erupsi Gunung Ruang di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro," kata Kepala Kantor Wilayah (kanwil) Bulog Sulutgo Abdul M Ali, di Manado, Jumat.

Dia mengatakan bila stok tersebut tidak cukup, pemda dapat mengajukan ke pemerintah pusat melalui Badan Pangan Nasional (Bapanas) RI.

Bulog, katanya, telah mengeluarkan beras sebanyak 800 kg dan diterima oleh Dinas Pangan Sitaro untuk bencana alam yang sedang terjadi di Pulau Tagulandang.

Baca juga: Tim SAR susuri pesisir Kepulauan Sitaro evakuasi warga yang tertinggal

Ia menjelaskan alokasi CBP sudah disiapkan minimal 100 ton untuk setiap kabupaten/kota dan 200 ton untuk setiap provinsi yang dapat memenuhi kebutuhan mendesak, tanggap darurat, seperti bencana alam dan rawan pangan.

Abdul mengatakan stok beras Bulog Sulawesi Utara dan Gorontalo mencapai 12.504 ton, dengan ketahanan hingga akhir tahun 2024 ini.

"Masyarakat tidak perlu khawatir, karena stok beras di gudang Bulog mampu memenuhi kebutuhan masyarakat," katanya.

Dia mengatakan stok beras Bulog tersebar pada sejumlah gudang, baik di Bitung, Bolaang Mongondow, Kepulauan Sulut, dan Gorontalo.

Baca juga: PVMBG paparkan tiga erupsi eksplosif Gunung Ruang, 272 KK mengungsi
Baca juga: PVMBG: Gunung Ruang 944 kali gempa dalam sehari


 

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024