Manokwari (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Sorong Selatan (Sorsel) Papua Barat resmi menjalin kemitraan dengan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Papua Barat untuk penyebarluasan informasi program pembangunan infrastruktur.

Kepala Dinas PUPR Sorsel Alfius Way di Manokwari, Jumat, mengatakan pemerintah daerah mempunyai program dan kegiatan yang wajib dipublikasikan pada masyarakat secara luas sesuai amanat undang-undang.

"Melalui LKBN ANTARA kita ingin informasi terkait program-program PUPR Sorsel tersebar dan disampaikan kepada publik," katanya.

Ia mengatakan, sebagai sebuah kantor berita negara, LKBN ANTARA merupakan aset penting pemerintah yang sudah menjadi kebanggaan masyarakat dan bangsa Indonesia.

Baca juga: LKBN Antara kembali gelar mudik gratis bersama BUMN

Baca juga: LKBN ANTARA santuni 25 anak yatim piatu


Menurutnya, atas dasar itulah pihaknya mempercayakan ANTARA sebagai mitra untuk penyebarluasan informasi dan rencana kerja pemerintah pada Dinas PUPR dalam satu tahun.

"Hal itu sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas pemerintah kepada masyarakat sehingga masyarakat bisa tahu apa yang dicapai dan apa yang dibuat dalam satu tahun kalender pekerjaan pemerintahan kepada masyarakat," katanya.

Ia menjelaskan, tahun ini Dinas PUPR Sorsel mendapat alokasi anggaran lebih dari Rp100 miliar untuk menjalankan pembangunan dalam bidang pembangunan jalan, peningkatan jalan, pembangunan perumahan, sanitasi lingkungan dan air bersih.

Melalui penyebarluasan informasi itu, ia berharap bisa tercapai hubungan timbal balik antara Dinas PUPR dengan masyarakat. Nilai-nilai yang baik dari PUPR bisa mendapat respon positif sedangkan jika ada kekurangan, pihaknya bisa melakukan perbaikan layanan ke depannya.

"Kami memandang perlu bermitra dengan ANTARA untuk mensosialisasikan program pemerintah sehingga mulai tahun ini kami mulai bekerja sama karena kita punya satu visi, satu tujuan, satu hati dalam penerapan transparansi kepada publik," ujarnya.

Kepala Biro ANTARA Papua Barat Evarianus Supar menyambut baik inisiatif kemitraan dari Dinas PUPR Sorsel yang sudah diberi kepercayaan mempublikasikan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah daerah Sorong Selatan terutama Dinas PUPR.

Ia mengatakan dengan bekerja sama dengan ANTARA Papua Barat maka apa yang dikerjakan PUPR Sorsel bisa diketahui masyarakat tidak hanya terbatas di Kabupaten Sorong Selatan saja tapi bisa dipublikasikan secara luas di seluruh Indonesia. Terlebih berita yang diproduksi LKBN ANTARA dikutip oleh berbagai media nasional maupun daerah.*

Baca juga: LKBN ANTARA dan Bank Maluku Malut kerja sama layanan data ekonomi

Baca juga: ANTARA gelar Nyantri Foto meriahkan Ramadhan

Pewarta: Ali Nur Ichsan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024