Jakarta (ANTARA) - Jajaran TNI Angkatan Udara (TNI AU) dan Angkatan Udara Prancis melakukan kerjasama militer dalam rangka memperkuat pertahanan wilayah udara, Jumat.

Dalam siaran pers resmi TNI AU yang diterima Jumat, dijelaskan bahwa kerja sama ini disepakati oleh Air Staf Talk TNI AU dan French Air and Space Foreca (FASF) dalam sebuah forum yang berlangsung di Yogyakarta, Kamis (18/4).

Delegasi TNI AU yakni Wakil Asisten Operasi (Waasops) KSAU Marsma TNI Untung Suropati menjelaskan kerja sama yang dilakukan yakni di bidang latihan, pendidikan, Subject Matter Exchange Expert (SMEE) dan operasi penerbangan.

Delegasi FASF Brigadir Jendral Hugues Pichevin pun menyambut baik skema kerja sama militer tersebut.

Dengan adanya program latihan gabungan ini, kedua negara berkesempatan untuk saling bertukar personel, instruktur dan materi pendidikan.

Tidak hanya itu, latihan ini juga memfasilitasi kedua negara untuk saling bertukar tenaga ahli atau spesial dalam bidang taktik dan alutsista.

Selain itu, latihan ini juga memungkinkan kedua negara saling bertukar pengalaman dan teknik operasi penerbangan dalam menjaga teritorial negara.

Dengan adanya pertukaran ilmu dalam kerja sama ini, TNI AU berharap keahlian SDM personel TNI AU semakin berkembang beriringan dengan peningkatan kualitas alat utama sistem pertahanan (alutsista).

Sebelumnya, Panglima TNI Jendral Agus Subiyanto berpesan kepada Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono melakukan terobosan di bidang teknologi untuk memperkuat alutsista.

"Laksanakan amanah jabatan dengan sebaik-baiknya serta lakukan terobosan inovatif dan kreatif sesuai dengan muruah TNI AU yang syarat ilmu pengetahuan dan teknologi," kata Agus saat memberikan kata sambutan di upacara serah terima jabatan KSAU dari Marsekal TNI Fadjar Prasetyo kepada Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (5/4).

Terobosan itu, menurut Agus, perlu dilakukan agar kekuatan pertahanan TNI AU meningkat sehingga eksistensinya diperhitungkan di panggung Asia maupun dunia.

Selain fokus kepada terobosan teknologi di bidang alutsista, Agus juga berpesan agar Tonny dapat meningkatkan kualitas SDM personel.

Baca juga: KSAU berkomitmen modernisasi alutsista untuk perkuat pertahanan udara

Baca juga: TNI AU tingkatkan sinergitas dengan TNI AD untuk perkuat pertahanan

Pewarta: Walda Marison
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024