Manado (ANTARA) - PT PLN Sulawesi Tengah dan Gorontalo (UID Suluttenggo) mengamankan jaringan listrik pascaletusan Gunung Ruang di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut).

"Letusan Gunung Ruang ini pun turut berdampak pada keamanan jaringan PLN, sehingga untuk memastikan jaringan listrik yang terdampak tidak membahayakan masyarakat PLN harus menghentikan sementara aliran listrik di Pulau Tagulandang," kata General Manager PLN UID Suluttenggo Ari Dartomo di Manado, Jumat.

Pihaknya mengutamakan keselamatan masyarakat sebagai prioritas.

“Kami tentunya berupaya agar jaringan listrik kami jangan sampai membahayakan masyarakat yang ada, namun justru menjadi daya bantuan besar di momen seperti ini,” ucap dia.

Sebanyak 7.735 pelanggan PLN di Pulau Tagulandang mengalami dampak langsung dari letusan Gunung Ruang. Lokasi yang terdampak, antara lain Desa Pumpente dan Desa Patologi.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tahuna M Fauzan mengatakan saat ini fokus PLN melakukan proses evakuasi dan pengamanan jaringan listrik yang ada.

"PLN saat ini fokus pada proses evakuasi serta mengamankan jaringan listrik di wilayah terdampak dari letusan Gunung Ruang yakni Kecamatan Tagulandang, Tagulandang Selatan, dan Tagulandang Utara," katanya.

Baca juga: Bandara Samrat kembali perpanjang penutupan hingga besok

Ia mengatakan status Gunung Ruang saat ini beralih menjadi ‘Awas’ dilansir dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Untuk itu suplai listrik di beberapa lokasi terdampak dihentikan sementara.

"Hingga saat ini, total 47 gardu, tiga penyulang, dan 7.735 pelanggan yang terdampak," katanya.

Namun, PLN bergerak cepat dengan mengedepankan keselamatan dan keamanan seluruh personel serta berkoordinasi secara intens dengan BPBD Sitaro hingga TNI-Polri, serta pemangku kepentingan terkait untuk melakukan pengamanan jaringan listrik di Tagulandang.

PVMBG mencatat pergerakan erupsi Gunung Ruang masih akan terjadi lantaran aktivitas kegempaan belum stabil dan berdasarkan laporan di lapangan masih terjadi hujan abu serta endapan awan panas di area sekitar gunung.

Ari Dartomo mendoakan keselamatan seluruh masyarakat dan personel PLN yang terlibat dalam pengamanan sistem kelistrikan di Pulau Tagulandang.

“Kami mendoakan yang terbaik demi keselamatan dan keamanan masyarakat serta petugas PLN di Pulau Tagulandang,” katanya.

Baca juga: KRI Kakap kembali bawa bantuan kemanusiaan korban erupsi Gunung Ruang
Baca juga: Polda Sulut bagikan masker di lokasi pengungsian erupsi Gunung Ruang
Baca juga: Menparekraf: Wisatawan waspadai erupsi Gunung Ruang

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024