Pengunduran diri saya ini merupakan bentuk pertanggungjawaban akademis saya kepada Rektor Unas dan sivitas akademika agar tidak membebani kampus ...
Jakarta (ANTARA) - Profesor Kumba Digdowiseiso secara resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Nasional (Unas) Jakarta sebagai langkah pertanggungjawaban akademis setelah diduga terlibat kasus plagiat.

“Pengunduran diri saya ini merupakan bentuk pertanggungjawaban akademis saya kepada Rektor Unas dan sivitas akademika agar tidak membebani kampus dalam melakukan investigasi terhadap persoalan yang sedang saya hadapi," katanya dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Pengunduran diri Kumba merupakan bentuk pertanggungjawaban akademis setelah dituding mencatut nama dosen Universiti Malaysia Terengganu (UMT) dalam publikasi ilmiahnya.

Seperti diketahui, Kumba dituding mencantumkan nama orang lain dalam publikasi ilmiah seperti dituliskan media retractionwatch.com pada 11 April 2024.

Baca juga: USU gunakan Tumitin dan Plagiarism Checker untuk cek praktik plagiat

Meski demikian Kumba menegaskan tuduhan terhadap dirinya tidak benar dan tidak memiliki dasar, yang bahkan terdapat kesan menjatuhkan nama baik dirinya serta bersifat character assasination.

Kumba mengaku sangat menjunjung tinggi integritas akademis, sehingga ia bersedia dan siap untuk menjalani proses terkait dengan tuduhan, dugaan, dan fitnah yang ditujukan kepada dirinya.

Ia pun mengharapkan agar semua pihak mengedepankan sikap yang obyektif dan rasional terhadap persoalan ini.

“Saya siap mengikuti proses sesuai prosedur dan mekanisme Undang-Undang serta ketentuan yang berlaku,” ujar Kumba.

Baca juga: UNG bantah terjadi plagiat massal dosen

Selama tujuh hari sejak persoalan ini mencuat ke publik, ia sangat menghormati proses investigasi internal yang sedang berlangsung, walaupun akan mengorbankan nama baiknya di media.

“Karena itu pernyataan ini perlu disampaikan untuk menjaga perasaan istri dan kedua anak yang bersekolah,” kata Kumba.

Kepala Hubungan Masyarakat Unas Marsudi saat dikonfirmasi oleh ANTARA membenarkan bahwa Profesor Kumba Digdowiseiso secara resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Dekan FEB Unas Jakarta.

“Iya betul (Professor Kumba mengundurkan diri dari jabatan sebagai Dekan FEB Unas),” ujar Marsudi.

Baca juga: Dosen IBI Darmajaya ciptakan pendeteksi plagiat

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024