Bakti sosial donor darah ini merupakan momentum yang strategis dimana ini merupakan wujud bakti TNI AU dalam pengabdian terhadap rakyat
Ambon (ANTARA) - Landasan udara (Lanud) Pattimura menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Ambon melakukan kegiatan bakti sosial donor darah dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI AU.

“Bakti sosial ini bertempat di Pattimura Golf Course (PGC) di wilayah Lanud Patimura,” kata Komandan Lanud Pattimura Kolonel Pnb Jhonson H Simatupang dalam keterangan yang diterima di Ambon, Sabtu.

Baca juga: Pasokan darah menipis, PMI Jakbar lakukan sejumlah upaya

Danlanud mengatakan kegiatan donor darah dimulai dari pendaftaran peserta, pemeriksaan kesehatan, tensi dan yang memenuhi syarat untuk menjadi pendonor langsung melaksanakan pengambilan darah yang dilakukan oleh tim kesehatan Lanud Pattimura dan tenaga kesehatan dari PMI Kota Ambon.

“Bakti sosial donor darah ini merupakan momentum yang strategis dimana ini merupakan wujud bakti TNI AU dalam pengabdian terhadap rakyat, mendekatkan TNI Angkatan Udara khususnya Lanud Pattimura, dengan masyarakat serta menambah kualitas pengabdian dan perjuangan TNI Angkatan Udara," katanya Danlanud menjelaskan.

Apalagi, kata dia, tema yang diusung dalam peringatan HUT ke-78 TNI Angkatan Udara adalah ‘TNI AU yang adaptif, modern, profesional, unggul dan humanis serta dicintai rakyat dalam menjaga kedaulatan nasional’, dimana puncak acara HUT ke-78 TNI Angkatan Udara sendiri terpusat di Maguwo Yogyakarta, yang dilaksanakan pada 22 April 2024.

Baca juga: Ini manfaat rutin donor darah tiga bulan sekali

“Harapannya, apa yang kami laksanakan hari ini sesuai dengan kebutuhan dan manfaatnya dapat langsung dirasakan langsung oleh masyarakat, ale rasa beta rasa,” kata mantan penerbang tempur Hawk 100/200 itu.

Kegiatan donor darah itu sendiri diikuti oleh sebanyak 114 orang yang bersedia mendonorkan darahnya. Namun dari 114 orang tersebut hanya 87 orang pendonor yang layak, sementara sisanya dinyatakan tidak memenuhi persyaratan pemeriksaan kesehatan.

Turut hadir dalam kegiatan itu Danguspurla Koarmada III Laksamana TNI Wawan Trisatya Atmaja, Komandan Lanud Pattimura Kolonel Pnb Jhonson Henrico Simatupang, Ketua PIA Ardhya Garini Cab 7/D.III Lanud Pattimura Ny. Lidya Jhonson Simatupang, para kepala dinas, Perwakilan TNI-Polri, Para pengurus PIA Ardhya Garini Cab 7/D.III Lanud Pattimura serta instansi terkait lainnya.

Baca juga: PMI Bali adakan donor darah keliling antisipasi libur Lebaran 2024

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024