Jakarta (ANTARA) - Prestasi tingkat Asia berhasil diraih oleh oleh atlet-atlet Indonesia pada rangkaian 5th Fédération Aéronautique Internationale (FAI) World Cup of Indoor Skydiving (WCIS) di Macau.

WCIS, yang diselenggarakan pada 18-20 April 2024, merupakan kompetisi tingkat Asia yang diikuti oleh 10 negara.

Tim putri formation skydiving (FS) way female berhasil meraih medali perak, dan tim putra yang berlaga pada FS 4 way open menyabet medali perunggu dalam kejuaraan tersebut.

Sementara itu, tim putra 2 way dynamic open, harus puas dengan menempati posisi keempat.

Indonesia juga memiliki perwakilan dalam Kejuaraan Dunia WCIS Macau 2024 yang diikuti 30 negara. Tim putri FS 4 way female yang pada Kejuaraan Asia meraih perak, menempati peringkat lima dunia.

Tim putra FS 4 way open yang menyabet perunggu dalam Kejuaraan Asia, ketika berlaga di tingkat dunia berada di posisi ke 12. Sementara, tim putra 2 way dynamic open harus puas berada di posisi ke-21 dunia.

"Ini prestasi membanggakan, mengingat di Indonesia Indoor Skydiving masih belum begitu populer di masyarakat," kata Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman, dikutip dari laman resmi KONI Pusat, Minggu.

Marciano juga berterima kasih kepada para atlet, pelatih, ofisial dan seluruh pihak yang mendukung upaya mewujudkan prestasi tersebut untuk Indonesia.

"Semoga prestasi ini dapat memotivasi agar para atlet semakin baik dalam berlatih dan menjadi momentum agar Indoor Skydiving dapat lebih dikenal, dan dicintai semakin banyak masyarakat Indonesia, dengan begitu kita berharap lebih banyak atlet sehingga lebih banyak juga potensi atlet berkualitas dunia," ujar Marciano.

Tim Indoor Skydiving Indonesia yang berkompetisi dalam WCIS Macau 2024 merupakan binaan Federasi Aero Sport Indonesia (FASI).

Baca juga: Indonesia kirim 17 atlet untuk berkompetisi di PD Indoor sky diving
Baca juga: Kejurnas Indoor Skydiving diharapkan mendorong kiprah terjun payung

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024