Jakarta (ANTARA) - Para ibu hamil disarankan untuk berhenti merokok, tapi berhenti merokok seringkali mengakibatkan peningkatan berat badan dan komplikasi yang terkait dengan obesitas, seperti hipertensi.

Dikutip dari Medical Daily, Minggu, sebuah studi terbaru telah mengungkapkan bahwa keuntungan dari berhenti merokok lebih besar daripada risiko yang terkait dengan terus merokok, seperti kematian janin dan kelahiran prematur.

Berdasarkan hasil studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Hypertension, para peneliti menyarankan bahwa wanita hamil yang diberi saran untuk berhenti merokok juga harus menerima konseling tentang nutrisi dan olahraga untuk mencegah peningkatan berat badan gestasional yang berlebihan. 

Baca juga: Spesialis Jantung ingatkan para ibu agar tidak merokok pada saat hamil

"Rokok adalah penghambat nafsu makan yang kuat, sehingga para perokok yang berhenti cenderung mengalami peningkatan berat badan yang signifikan, terutama ketika mereka masih mengalami gejala penarikan. Manfaat kesehatan dari berhenti tentu melebihi bahaya dari penambahan berat badan tambahan bagi kebanyakan orang, tetapi kami ingin melihat apakah hal tersebut benar di masa kehamilan, di mana penambahan berat badan berlebihan menghadirkan bahaya signifikan baik bagi orang tua maupun anak," kata Penulis Utama Studi Morgan Dunn.

Tim peneliti memeriksa catatan kehamilan dari lebih dari 22 juta wanita hamil dan membandingkan hasil di antara perokok, bukan perokok, dan mereka yang berhenti merokok pada awal kehamilan.

Studi tersebut menunjukkan bahwa 6,8 persen dari bukan perokok mengalami gangguan hipertensi, dibandingkan dengan 7 persen di antara perokok yang konsisten dan 8,6 persen di antara mereka yang telah berhenti merokok.

Baca juga: Sederet dampak buruk merokok saat hamil

Para perokok yang berhenti, bahkan ketika mereka tidak mengalami peningkatan berat badan yang berlebihan selama kehamilan, memiliki risiko hipertensi, dan risiko tersebut meningkat dengan peningkatan berat badan yang lebih besar dan indeks massa tubuh yang lebih besar.

Lebih dari 17 persen dari para perokok yang melampaui pedoman penambahan berat badan dan menjadi obes mengalami gangguan hipertensi.

Sementara itu, mereka mencatat bahwa berhenti merokok terkait dengan lebih dari penurunan 80 persen dalam kematian janin. Tingkat kematian janin adalah 0,4 persen baik pada bukan perokok maupun perokok yang berhenti, sementara itu adalah 2,3 persen pada mereka yang terus merokok.

Baca juga: Dokter: Waspadai faktor risiko gagal jantung pada masa kehamilan

Perokok yang konsisten juga memiliki risiko lebih tinggi untuk melahirkan prematur, terjadi sebelum mencapai 37 minggu kehamilan. Tingkat kelahiran prematur adalah 14,3 persen untuk perokok yang konsisten, 7,7 persen untuk bukan perokok, dan 8,1 persen untuk perokok yang berhenti.

"Kami memang menemukan bahwa berhenti merokok selama kehamilan berhubungan dengan peningkatan berat badan yang signifikan di atas dan di luar peningkatan berat badan yang dialami orang lain selama kehamilan, dan kami juga menemukan bahwa berhenti merokok berhubungan dengan peningkatan signifikan dalam komplikasi yang terkait dengan berat badan dan tekanan darah," kata Dunn.

Namun, menurutnya, manfaat di bidang lain jauh lebih besar daripada masalah yang terkait dengan peningkatan berat badan, sehingga mereka merekomendasikan agar dokter menyarankan pasien untuk berhenti merokok sambil menawarkan konseling nutrisi yang mungkin dapat meminimalkan peningkatan berat badan. 

Baca juga: Ibu hamil perlu waspadai faktor keturunan stroke dalam keluarga

Baca juga: Dokter: Obesitas dapat tingkatkan risiko kecacatan pada janin

Penerjemah: Putri Hanifa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024