Hingga saat ini, tingkat melek keuangan terendah ditemukan di sektor pasar modal,"
Jakarta (ANTARA News) - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) akan menyelenggarakan Pertemuan Investor dan Pameran Pasar Modal 2013 pada 27--28 November 2013 di Jakarta untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dalam berinvestasi di pasar modal.

"Hingga saat ini, tingkat melek keuangan terendah ditemukan di sektor pasar modal," ujar Direktur Utama BEI Ito Warsito di Jakarta, Selasa.

Ia mengemukakan bahwa berdasarkan data mengenai indeks literasi keuangan sektor jasa keuangan yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), tingkat pemanfaatan produk dan jasa pasar modal baru sebesar 0,11 persen.

"Dengan demikian, hanya ada satu dari 100 penduduk yang aktif di pasar modal Indonesia," ucapnya.

Sedangkan jumlah masyarakat yang tergolong memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup baik (well literate) mengenai pasar modal hanya sebesar 3,79 persen.

"Oleh sebab itu, pertemuan investor dan pameran pasar modal ini diharapkan dapat menggugah minat masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal sehingga peran pasar modal sebagai mesin penggerak pertumbuhan ekonomi dapat lebih optimalkan lagi," kata Ito.

Menurut Ito, pasar modal merupakan salah satu sektor jasa keuangan yang kapitalisasi pasarnya tumbuh pesat. Oleh sebab itu, masyarakat Indonesia perlu dibangkitkan dan didorong menjadi investor di pasar modal.

Dalam rangkaian kegiatan pertemuan investor dan pameran pasar modal atau Investor Summit dan Capital Market Expo (ISCME) 2013 yang akan dilaksanakan di Hotel Ritz Carlton Pacific Place itu.

Para investor dan calon investor dapat mengikuti kegiatan pameran, "talkshow" dari pemerintah dan pakar di bidang pasar modal sehingga masyarakat diharapkan mendapatkan pengetahuan yang menyeluruh mengenai industri pasar modal.

Selain itu, Ito mengatakan bahwa para investor juga berkesempatan untuk bertatap muka secara langsung dengan emiten tentang update kinerja dan prospek perusahaan di masa mendatang sehingga dapat membantu para investor dan calon investor dalam membuat keputusan terbaik untuk berinvestasi.

Selain digelar di Jakarta, ISCME 2013 telah diselenggarakan pada tanggal 30--31 Oktober 2013 di Surabaya yang diikuti oleh 16 emiten.(*)

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013