Kami akan mencegah siapa pun di dunia, termasuk Israel, mengambil langkah merusak perjanjian itu dan kami akan membuat semua pihak sangat jelas,"
London (ANTARA News) - Israel seharusnya menghindari mengambil tindakan, yang akan merusak perjanjian nuklir antara Iran dan kekuatan dunia, kata Menteri Luar Negeri Inggris William Hague pada Senin.

"Kami akan mencegah siapa pun di dunia, termasuk Israel, mengambil langkah merusak perjanjian itu dan kami akan membuat semua pihak sangat jelas," kata Hague kepada parlemen.

Hague, yang memberi keterangan terkini tentang pembicaraan nuklir di Jenewa, menambahkan bahwa ia tidak melihat tanda apa pun bahwa ada negara menentang perjanjian itu akan mencoba mengganggunya cara nyata, namun mengatakan bahwa Inggris akan "menjaganya".

Berdasarkan atas kesepakatan itu, Teheran dapat memperoleh miliaran dolar atas pendapatan dari penjualan terbatas minyak dan petrokimia, selain perdagangan emas dan logam mulia lain, kata Amerika Serikat.

Dalam lembar-fakta, yang disiarkan Gedung Putih mengenai perjanjian sementara itu, Iran akan menerima bantuan pengurangan hukuman sebagai imbalan dari penghentian beberapa unsur kegiatan nuklirnya, termasuk:

- Peluang 1,5 miliar dolar Amerika Serikat dalam pendapatan dari perdagangan emas dan logam mulia serta pengurangan beberapa hukuman terhadap bidang otomotif dan ekspor petrokimia;

- Kemungkinan pembelian minyak Iran untuk tetap pada tingkat saat ini, yang berkurang secara berarti.

"Sejumlah 4,2 miliar dolar dari penjualan tersebut akan diizinkan dikirim berangsur-angsur jika Iran memenuhi janjinya," kata laporan Reuters.

Iran dan enam negara tergabung dalam kelompok P5+1 pada Minggu mencapai kesepakatan menghentikan sementara program nuklir Tehran dengan imbalan pencabutan beberapa hukuman ekonomi.

Kesepakatan tersebut diraih setelah Amerika Serikat, Prancis, Jerman, Inggris, Cina, Rusia, dan Iran berunding empat hari di Jenewa, Swiss.

Kepala urusan luar negeri Uni Eropa Catherine Ashton, yang menggalang perundingan dengan Iran mewakili P5+1, mengatakan bahwa kesepakatan tersebut adalah langkah awal untuk perundingan lebih menyeluruh.

Amerika Serikat menyatakan kesepakatan di Jenewa akan menghentikan sementara beberapa kegiatan nuklir Iran, termasuk pembangunan pembangkit penelitian di Arak, yang sejak lama diduga negara Barat menjadi tempat pengembangan senjata nuklir.

Diplomasi Iran dengan sejumlah negara Barat menunjukkan tanda perbaikan setelah Hassan Rouhani terpilih menjadi presiden pada Juni, demikian Reuters.
(B002/Z002) 

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013