Amsterdam (ANTARA News) - Tuan rumah Ajax yang tampil bagus berhasil menaklukkan Barcelona dengan kemenangan tipis 2-1 dalam laga Liga Champions Grup H di Amsterdam Arena, Rabu dinihari WIB.

Anak-anak asuh Frank De Boer sepanjang babak pertama mampu meredam permainan Barca yang biasanya cepat, kompak, dan taktis.

Ajax yang sejak awal babak pertama memenangi pengusaan bola, menciptakan kejutan dengan gol menit 19 yang dicipta pemain asal Afrika Serero.

Serero mencetak skor melalui tendangan kaki kakan dari depan gawang Barca, memanfaatkan umpan sentuhan kaki Ricardo van Rhijn yang meneruskan bola lambung dari kiri area pertahanan raksasa Spanyol.

Sekitar enam menit kemudian, Barca mendapatkan peluang setelah Veltman melanggar Fabregas, namun tendangan kaki kanan bintang Brazil Neymar masih melebar dari gawang Ajax.

Sebaliknya, Ajax justru nyaris membuat gol kedua melalui Schone pada menit 33, beruntung kiper Pinto mampu menghadang bola untuk menyelamatkan gawang Barca.

Setelah beberapa kali berhasil menghadang serangan Ajax, Pinto akhirnya kejebolan juga ketika Hoesen mencetak gol kedua untuk Ajax menit 42.

Babak pertama pun berakhir dengan 2-0 untuk Ajax.

Mengawali babak kedua, Barca tampil beda dan bangkit dengan permainan khasnya, membangun serangan dari kaki ke kaki dengan lebih rapi.

Sampai kemudian pada menit 48 peluang emas memperkecil kekalahan pun tercipta saat Veltman menjatuhkan Neymar di kotak penalti yang membuat Barca dihadiahi tendangan dari titik putih.

Xavi Hernandez yang didaulat mengeksekusi penalti pun menjalankan tugasnya dengan baik, dan golnya menit 49 itu menjadikan kedudukan berubah menjadi 1-2.

Bukan hanya mengurangi kemenangan, pelanggaran itu juga mengirim Velt harus keluar lapangan karena kartu merah.

Keluarnya Velt memicu Barca kian leluasa masuk pertahanan Ajax. Namun, sejumlah peluangnya melalui Neymar masih berhasil dibendung barisan belakang Ajax, termasuk beberapa di antaranya tertangkap tangan kiper Cillessen.

Barca terus menggempur pertahanan Ajax. Sepak pojok Neymar menit 79 membuat pertahanan Ajax dalam masalah, untung saja tendangan Seri ROberto berhasil diblok van Rhijn.

Pada menit 88 Neymar membuat publik Amsterdam cemas ketika ia tanpa kawalan bek Ajak berlari dan mengecoh kiper Cillessen, tapi kemudian terdengar suara peluit wasit yang menyatakan ia offside.

Hingga waktu pertandingan berakhir, Barca yang berjuang keras tidak mampu menyamakan kedudukan dan pertandingan berakhir dengan kemengan Ajax 2-1.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013