Penghargaan ini adalah motivasi bagi kami untuk terus melakukan kegiatan yang berwawasan lingkungan atas dasar prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan, karena tata kelola tambang yang baik adalah hal yang kami praktikkan selama ini.
Cilacap (ANTARA) - Salah satu unit usaha Semen Indonesia Group (SIG), PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Pabrik Cilacap meraih penghargaan Good Mining Practice atau Tata Kelola Penambangan yang Baik dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana kepada General Manager SBI Cilacap Edi Sarwono yang diwakili Quarry Manager Faik Bakhtiar pada acara Penganugerahan Good Mining Practice Tingkat Provinsi Jawa Tengah bersamaan dengan peringatan Hari Bumi (Earth Day) 2024 bertema Planet vs Plastik yang dipusatkan di Taman Syailendra Dieng, Kabupaten Wonosobo, Senin.

Dalam keterangannya, General Manager SBI Cilacap Edi Sarwono menyampaikan terima kasih kepada semua pihak khususnya Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jateng yang terus memberikan asistensi serta pengawasan untuk keberlanjutan operasional penambangan.

"Penghargaan ini adalah motivasi bagi kami untuk terus melakukan kegiatan yang berwawasan lingkungan atas dasar prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan, karena tata kelola tambang yang baik adalah hal yang kami praktikkan selama ini," katanya.

Baca juga: SIG berdayakan 110 UMKM lewat program Hampers Berkah UMKM Rembang

Menurut dia, SBI Pabrik Cilacap meraih penghargaan peringkat satu setelah melalui penilaian 15 kriteria di antaranya Keselamatan Operasional Pertambangan, Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan, Reklamasi dan Pascatambang, Corporate Social Responsibility atau Pemberdayaan Masyarakat, serta Pembayaran Pajak Mineral.

Sementara itu saat memberi sambutan dalam acara tersebut, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengajak semua pihak untuk menyadari pentingnya konservasi atau menjaga kelestarian alam dan lingkungan.

"Kita semua bersama-sama harus melakukan langkah konkret untuk menjaga lingkungan. Selain kita juga menikmatinya, keberlanjutan lingkungan harus dijaga untuk anak cucu kita nanti," katanya.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024