rasanya harus ada penambahan dermaga di Pelabuhan Merak karena kita tahu saat ini ada satu pelabuhan eksekutif dan enam yang reguler
Cilegon, Banten (ANTARA) - Wali Kota Cilegon Helldy Agustian  berharap ada penambahan dermaga di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, guna membantu mengurangi kepadatan pemudik setiap tahunnya.
 
"Kalau kami memantau, rasanya harus ada penambahan dermaga di Pelabuhan Merak karena kita tahu saat ini ada satu pelabuhan eksekutif dan enam yang reguler," kata Helldy Agustian di Cilegon, Banten, Senin.
 
Ia mengatakan minimal ada penambahan dua dermaga lagi di Pelabuhan Merak, karena menurutnya dari hasil pemantauan langsung pada arus mudik Lebaran 2024 penambahan penumpang jauh lebih banyak dibandingkan dengan kendaraan roda dua.
 
"Karena kalau saya secara langsung memantau penambahan penumpangnya yang jauh lebih banyak dibandingkan kendaraan roda duanya. Karena kan ini selalu bergeser, maka dari itu minimal adanya penambahan dua dermaga lagi," katanya.
 
Selain itu, ia berharap pemberian bantuan lahan dari pemerintah pusat bisa segera terwujud segera mungkin, minimal pada hari libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 dapat direalisasikan.

Baca juga: ASDP: arus penumpang-kendaraan dari Sumatera ke Jawa berangsur normal

Baca juga: 6.807 pemudik kembali ke Pulau Jawa via Pelabuhan Ciwandan
 
"Jadi pada momen Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 besok kita bisa menggunakannya," katanya.
 
Sebelumnya PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat sebanyak 79 persen pemudik telah kembali ke Pulau Jawa. Berdasarkan data Posko Bakauheni jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 38 unit pada H+5 Lebaran 2024.
 
Adapun realisasi total penumpang sejumlah 110.483 orang telah menyeberang pada H+5, diikuti kendaraan roda dua sebanyak 9.181 unit, kendaraan roda empat sebanyak 13.207 unit, dan total produksi seluruh kendaraan pada H+5 sebanyak 24.847 unit.

Baca juga: Anggota DPR sebut ASDP harus tambah dermaga di Merak–Bakauheni

Baca juga: Menko PMK sebut Pelabuhan Indah Kiat Cilegon akan diefektifkan

Pewarta: Desi Purnama Sari
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024