Jakarta (ANTARA) -
Pondok Indah Golf Club dan Medco akan menggelar turnamen golf amatir dengan mengusung nama kompetisi Medco Energy-Pondok Indah International Amateur Golf Championship 2024 pada 16 sampai 18 Juli mendatang.

Turnamen yang memasuki tahun kedua penyelenggaraannya itu akan berlangsung di Pondok Indah Golf Course, Jakarta, dan rencananya akan diikuti oleh 78 pegolf amatir putra dan putri.

Usia atlet yang berhak mengikuti turnamen ini adalah 13 tahun atau lebih per 1 Januari 2024, sedangkan WHS Handicap Index yang ditetapkan adalah delapan untuk pegolf putra dan 10 untuk pegolf putri.

“Turnamen ini sudah mulai kami selenggarakan sejak tahun lalu dan rencananya akan menjadi agenda tetap turnamen yang diselenggarakan oleh PIGC. Kami berharap para pegolf terbaik dari negara-negara lain juga ikut ambil bagian dalam turnamen ini. Bagi para pegolf Indonesia bisa menjadi kesempatan untuk membuktikan kemampuan mereka, sekaligus mendapatkan pengalaman berkompetisi di turnamen level internasional,” kata Ketua Panitia Penyelenggara Herry Winarno saat melakukan audiensi dengan Pengurus Besar Persatuan Golf Indonesia (PB PGI) di Jakarta, Senin.

Baca juga: PGI miliki sistem peringkat pegolf sendiri mulai 2024

Salah satu perbedaan dengan penyelenggaraan turnamen serupa pada tahun lalu adalah jumlah peserta. Setelah tahun lalu jumlah peserta mencapai 120, tahun ini hanya 78. Selain itu tee box juga mengalami perubahan, setelah pada tahun lalu tee box-nya dari biru untuk pegolf putra dan putih untuk pegolf putri, sedangkan pada tahun ini menggunakan tee box hitam yang biasanya dipakai oleh para pegolf profesional.

Dihelatnya turnamen amatir ini mendapat apresiasi dari Ketua Umum PB PGI Japto Soerjosoemarno, yang juga berharap para pegolf tanah air dapat mengukir prestasi di ajang tersebut.

“Dengan semakin banyak pengalaman bermain di turnamen internasional tentu akan menjadi nilai positif bagi seluruh peserta. Ini juga kesempatan bagi para atlet Indonesia untuk meningkatkan poin mereka di World Amateur Golf Rangking (WAGR). Saya berharap para atlet Indonesia bisa tampil maksimal dan menjadi juara,” tutur Japto.

Lapangan golf Pondok Indah telah sering menjadi lokasi berlangsungnya turnamen golf papan atas di Indonesia. Lapangan itu pernah menjadi lokasi Piala Dunia 1983, Asian Games 2018, Indonesia Open dari 2015 sampai 2023, serta turnamen LPGA yakni Simone Asia Pasific Cup 2022 dan 2023.

Baca juga: Thea dan Theo tampil gemilang pada kejuaraan golf di Abu Dhabi

Baca juga: Amadeus dan Gemilau raih juara Indonesia Amateur Golf Open 2024

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024