Sidoarjo (ANTARA) - Petugas Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Internasional Juanda Surabaya mencatat sebanyak 3.245 orang warga negara Indonesia (WNI) masuk lewat Bandara Juanda saat pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya, Chicco A. Muttaqin dalam keterangannya di Sidoarjo, Senin, mengatakan jumlah tersebut terjadi pada puncak arus mudik pada (2/4) libur Lebaran.

"Jumlah tersebut merupakan para Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan Warga Negara Indonesia (WNI) yang kembali ke tanah air untuk merayakan Lebaran bersama keluarga," katanya.

Ia mengatakan, jumlah kedatangan WNI dari luar negeri menurun hampir setengahnya pada hari H Lebaran dan kedatangan WNI dari luar negeri tersebut masih berlanjut hingga tanggal (17/4).

Baca juga: Penumpang Bandara Juanda capai 700.000 orang selama angkutan Lebaran

Baca juga: Bandara Juanda layani 54 ribu penumpang saat puncak arus balik


"Hal ini diiringi pula dengan jumlah keberangkatan WNI bersamaan berakhirnya cuti Lebaran di tanah air di mana sebanyak 3.000-an lebih WNI melintas di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Juanda untuk kembali ke luar negeri," katanya.

Di sisi lain, kata dia, penumpang penerbangan umroh selama periode puasa dan Lebaran tahun ini tidak begitu signifikan disebabkan oleh bertepatan dengan musim liburan sekolah dan banyaknya masyarakat yang memilih untuk mudik atau berlibur di dalam negeri.

Meskipun demikian, kata dia, otoritas Imigrasi pada Bandara Juanda tetap siaga penuh untuk melayani para penumpang. Personel imigrasi siap sedia untuk melayani penerbangan mulai dari pukul 03.00 WIB dini hari hingga penerbangan terakhir pada pukul 21.00 WIB setiap harinya.

"Syukur Alhamdulillah, dengan kesiapan personel pelayanan keimigrasian di bandara Juanda berjalan lancar tanpa kendala," katanya.

Menurut Chicco, kesiapan Imigrasi pada Bandara Juanda dalam melayani arus mudik dan balik Lebaran tahun ini patut diapresiasi.

"Kegigihan para petugas Imigrasi di Bandara dan instansi terkait dalam memastikan kelancaran arus penumpang dan menjaga keamanan menjadi kunci suksesnya penyelenggaraan mudik dan balik Lebaran Tahun 2024 di Bandara Juanda," katanya.*

Baca juga: Enam maskapai ajukan penerbangan tambahan di Bandara Juanda

Baca juga: Bandara Juanda terbaik se-Asia Pasifik versi ASQ Awards 2023

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024