Kuala Lumpur (ANTARA News) - Kementerian Luar Negeri Malaysia Selasa meminta klarifikasi dari Komisi Tinggi Singapura Ong Keng Yong atas dugaan penyadapan.

Menteri Luar Negeri Datuk Seri Anifah Aman mengatakan Ong bertemu dengan Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Datuk Othman Hashim di Kuala Lumpur.

"Sekretaris Jenderal menyampaikan keprihatinan yang mendalam atas kegiatan yang diduga mata-mata oleh Singapura terhadap Malaysia, dan menjelaskan bahwa kegiatan tersebut melanggar kedaulatan Malaysia dan pada privasi individu," katanya seperti dikutip kantor berita Bernama.

Kegiatan-kegiatan tersebut, lanjutnya, mestinya tidak dilakukan di antara para mitra dan tetangga dekat seperti Malaysia dan Singapura ketika kedua pihak mengembangkan kemitraan strategis dan kuat yang saling menguntungkan.

Anifah menekankan bahwa kegiatan mata-mata yang dilaporkan telah menyebabkan kemarahan dan kekecewaan yang cukup besar di kalangan warga Malaysia.

Menurut Anifah, komisaris tinggi akan menyampaikan klarifikasi yang diperlukan dan dicari oleh Malaysia kepada pemerintah Singapura dan akan kembali dengan klarifikasi tersebut kepada Kementerian Luar Negeri Malaysia pada kesempatan pertama.

Kemarin, Anifah mengatakan pemerintah Malaysia sedang menyelidiki secara menyeluruh laporan-laporan media tentang dugaan keterlibatan negara-negara lain, khususnya Singapura, dalam kegiatan mata-mata terhadap Malaysia.

(Uu.H-AK/S004)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013