Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) Daop 1 Jakarta mencatat ketepatan waktu keberangkatan kereta api jarak jauh selama masa angkutan Lebaran pada 31 Maret hingga 24 April lalu mencapai 99,25 persen, melebihi target 99,10 persen.

“Ketepatan waktu merupakan salah satu keunggulan dari transportasi kereta api yang bebas macet, sehingga diminati oleh para pemudik,” ucap Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko di Jakarta, Senin.

Sedangkan ketepatan waktu kedatangan kereta api jarak jauh mencapai 93,63 persen dari target 92 persen.

Ia mengatakan bahwa ketepatan waktu menjadi salah satu nilai tambah yang KAI tawarkan bagi masyarakat, sehingga pihaknya berupaya untuk terus menjaga keamanan, kenyamanan, keselamatan, serta ketepatan waktu perjalanan.

Selama masa angkutan Lebaran 2024 tersebut, ia menuturkan bahwa pihaknya menyiapkan 1.693 perjalanan kereta api jarak jauh untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

"Jumlah tersebut sudah termasuk perjalanan kereta api tambahan sebanyak 395 kereta api untuk sejumlah perjalanan rute favorit, seperti tujuan Yogyakarta, Semarang, Solo, Blitar, Surabaya dan Malang," ucap Ixfan.

Selain melakukan penambahan perjalanan serta memastikan keandalan sarana dan prasarana, pihaknya juga menambah sejumlah fasilitas di stasiun seperti kursi tunggu, meja pemeriksaan tiket, penyediaan air minum isi ulang, dan area bermain anak.

KAI Daop 1 Jakarta juga meningkatkan fasilitas toilet dan area ibadah di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir, menambah petugas pelayanan Customer Service Mobile (CSM), serta mengatur alur penumpang agar tidak terjadi kepadatan di satu titik tertentu.

Baca juga: KAI Daop 1 berangkatkan 827 ribu pemudik saat Lebaran
Baca juga: KAI layani 4,39 juta penumpang selama masa angkutan Lebaran 2024
Baca juga: Bandara Soetta layani 2,5 juta penumpang selama angkutan Lebaran

 

Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024