Donetsk (ANTARA News) - Klub Ukraina Shakhtar Donetsk mencetak empat gol tanpa balas ke gawang Real Sociedad, membuat lawannya asal Spanyol itu tanpa harapan di Liga Champions musim ini sebagai juru kunci Grup A dengan nilai 1.

Pertandingan babak pertama di Donbass Arena, Donetsk, Ukraina, Kamis dinihari WIB itu berlangsung alot. Tuan rumah Shakhtar Donetsk baru bisa mencetak gol pada menit 37 melaui Luiz Adriano yang melanjutkan umpan Douglas Costa.

Akan tetapi, situasi kontras terjadi pada babak kedua. Donetsk langsung mencetak gol saat pertandingan paruh waktu kedua baru berjalan tiga menit. Alex Teixeira menggandakan keunggulan Donetsk pada menit 48 berkat umpan Inigo Martinez.

Tepat 22 menit kemudian, Douglass Costa melakukan hal yang sama, mencetak gol pada menit 68 untuk membuat Donetsk meninggalkan Sociedad dengan keunggulan 3-0.

Meskipun pelatih Jagoba Arrasate mengganti tiga pemainnya setelah itu, Real Sociedad tetap tidak bisa memperkecil ketertinggalan.

Sedangkan tuan rumah malah masih mampu menambah satu gol lagi pada menit 87. Umpan silang Taison disundul Douglass Costa masuk ke gawang Sociedad.

Shakhtar Donetsk pun mengakhiri pertandingan dengan perayaan kemengangan 4-0, dan berada di posisi kedua klasemen grup dengan nilai 8.

Real Sociedad harus memupus harapannya karena hanya mengantongi nilai 1 sebagai juru kunci Grup A, sementara saingan terdekatnya Leverkusen meraih nilai 7 setelah dikalahkan Manchester United 0-5.

Manchester United memuncaki klasemen grup dengan nilai 11, demikian mengutip klasemen yang dilansir laman resmi UEFA.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013