Jakarta (ANTARA News) - Film "Slank Nggak Ada Matinya" menjadi penanda tiga dekade perjalanan karir band rock and roll Indonesia Slank.

Band yang digawangi Bimbim, Kaka, Ridho, Ivanka, dan Abdee itu telah melalui perjalanan panjang berliku dan transformasi selama 30 tahun berkarya.

Sutradara Fajar Bustomi mengaku tertantang menuangkan 30 tahun perjalanan Slank ke dalam film berdurasi 100 menit. 

Setelah melakukan observasi dan riset, dia memilih periode akhir 1996 hingga 2000 sebagai fokus film "Slank Nggak Ada Matinya."

"Ada dua yang menarik dalam periode ini, yaitu masuknya bunda Iffet sebagai manajer Slank dan bergabungnya Abdee dan Ridho sebagai personel Slank formasi ke-14," kata Fajar dalam keterangan pers yang diterima Antara News, Jumat.

Ketiga orang itu mendukung Bimbim, Kaka, dan Ivan agar bebas dari narkoba sekaligus mempertahankan eksistensi band yang bermarkas di Jl. Potlot 14 itu.

Para anggota band Slank muncul sebagai cameo karena dalam film mereka diperankan oleh aktor-aktor muda seperti Adipati Dolken (Bimbim), Ricky Harun (Kaka), Aaron Ashab (Ivanka), Ajun Perwira (Ridho), dan Deva Mahenra (Abdee).

Namun anggota Slank turut terlibat sejak ide pembuat film mulai tercetus.

Selain ikut membuat konsep cerita dan merevisi beberapa skenario agar film tetap setia pada kisah nyata mereka, Slank pun meminjamkan kostum pribadi serta peralatan musik mereka agar film terlihat lebih realistis.

"Cerita yang kuat akan menghasilkan film yang bermutu," kata Abdee.

Slank pun memegang kendali penuh soal penggarapan musik. Ada 40 lagu Slank yang dipakai di film itu, termasuk lagu di album baru "Slank Nggak Ada Matinya" yang menjadi lagu tema.

Yang istimewa lagu berjudul "O Renny" ciptaan Bimbim saat rekaman di Labuan Banten pada 1999 dan tidak pernah direkam serta diedarkan dalam album manapun akan dihadirkan khusus di film ini. 

Film Slank yang akan tayang pada 24 Desember 2013 itu juga didukung sederetan aktor dan aktris seperti Meriam Bellina, Olivia Jensen, Alisia Rininta, Chika Jessika, Mikha Tambayong.

Bunda Iffet, Nadine Alexandra, Ringgo Agus Rahman, Deddy Mahendra Desta, Piyu, Epy Kusnandar, Yusuf Mansur, dan 20.000 Slankers juga akan tampil dalam film tersebut.

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013