"Dari 300 program studi dikelola perguruan tinggi swasta dan negeri tersebar di enam provinsi se-Tanah Papua hingga 2024 baru satu terakreditasi unggul..."
Biak (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi XIV  Papua menyatakan Program Studi Agro Teknologi Universitas Musamus Merauke di  Papua Selatan merupakan satu-satunya yang berhasil mencapai Terakreditasi Unggul di Tanah Papua.
 
"Dari 300 program studi dikelola perguruan tinggi swasta dan negeri tersebar di enam provinsi se-Tanah Papua hingga 2024 baru satu terakreditasi unggul dan seratusan prodi lainnya terakreditasi baik sekali dan baik ," ujar Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi XIV Papua Dr Suriel Semuel Mofu PhD di Biak, Rabu.

Ia mengatakan, pihak LLDIKTI XIV senantiasa mendorong pengelola perguruan tinggi untuk melakukan akreditasi.

Ia mengatakan, program akreditasi perguruan tinggi merupakan upaya BAN-PT untuk menilai dan menentukan status mutu perguruan tinggi bersangkutan.

Penentuan status perguruan tinggi, menurut Suriel, harus berdasarkan kriteria mutu yang telah ditetapkan pemerintah melalui Kemendikbudristek.

Sebagai hasil dari akreditasi dilakukan BAN-PT, lanjut dia,merupakan status mutu dari perguruan tinggi yang diumumkan kepada masyarakat.

BAN-PT merupakan satu-satunya, lanjut dia, telah memperoleh wewenang dari Kemenristekdikti dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi di seluruh Indonesia.

Ia mengatakan, tujuan dan manfaat akreditasi
memberikan jaminan perguruan tinggi telah memenuhi kriteria mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT.

Sehingga jika perguruan tinggi sudah terakreditasi, lanjut dia, mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan perguruan tinggi yang tidak memenuhi kriteria.

Suriel menyebut, program akreditasi bagi perguruan tinggi telah diberikan kemudahan kepada semua perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

"Ya jika ingin meningkatkan status program studi yang dikelola perguruan tinggi di Tanah Papua maka dapat mengajukan akreditasi melalui BAN-PT," harapnya.

Sedangkan untuk permohonan akreditasi perguruan tinggi secara mandiri, lanjut Suriel, maka setiap perguruan tinggi dapat mengajukan kepada lembaga lain yang telah ditetapkan pemerintah.

"LLDIKTI XIV terus mendorong semua prodi perguruan tinggi negeri dan swasta di Tanah Papua dapat terakreditasi unggul lebih banyak di tahun 2024," harapnya.

Berdasarkan data kurang lebih 75 perguruan tinggi negeri dan swasta se-Tanah Papua tersebar beroperasi di enam daerah yakni Provinsi Papua, Papua Pengunungan, Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Barat dan Papua Barat Daya (PBD).
Baca juga: LLDikti sebut kualitas perguruan tingggi swasta-negeri di Papua sama
Baca juga: LLDIKTI XIV: Program magister pertama dibuka di Papua-Papua Barat
Baca juga: LLDIKTI: Merdeka Belajar Episode 26 beri kebebasan perguruan tinggi

Pewarta: Muhsidin
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2024