Bengkulu (ANTARA) - Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI dan Universitas Bengkulu menjalin kerja sama untuk meningkatkan kualitas akademik mahasiswa.
 
"Mudah-mudahan Bakamla bisa membantu mewujudkan semua yang dicita-citakan Universitas Bengkulu dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan daya saing," kata Kepala Bakamla Laksamana Madya TNI Irvansyah di Bengkulu, Rabu.

Irvansyah menyampaikan hal tersebut saat menghadiri Dies Natalis Ke-42 Universitas Bengkulu.

Baca juga: BLU PIP jalin kerja sama dengan Universitas Bengkulu guna tingkat UMi

Menurut dia, ada sejumlah program peningkatan mutu akademik yang akan diwujudkan dengan model kolaborasi, di antaranya program penelitian, magang mahasiswa, dan bakti masyarakat.
 
"Kerja sama ini juga sebagai bentuk kewajiban moral. Mudah-mudahan hal ini bermanfaat untuk kemajuan Bengkulu dan Universitas Bengkulu sehingga semakin maju, unggul, berbudaya, dan berdaya saing internasional," kata dia.

Baca juga: Universitas Bengkulu gandeng 16 lembaga tingkatkan mutu Program MKBM

Rektor Universitas Bengkulu Dr Retno Agustina Ekaputri mengatakan kerja sama Universitas Bengkulu dengan Bakamla akan meningkatkan kualitas sivitas akademika dengan berbagai program yang segera diwujudkan.

"Ke depan implementasinya adalah sesuai dengan tugas Universitas Bengkulu yaitu melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat," kata Retno.
 
Menurut dia, program yang direncanakan yakni dosen dan praktisi mengajar, penelitian bersama Universitas Bengkulu dan Bakamla, dan kegiatan-kegiatan yang bersifat ilmiah.

Baca juga: UNIB dan universitas di ASEAN rintis kerja sama penyetaraan ijazah
 
"Selain itu, juga kegiatan yang sifatnya pengabdian masyarakat. Hal ini sudah mulai dirintis untuk nanti diimplementasikan setelah penandatanganan kerja sama," ujarnya.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024