Jakarta (ANTARA News) - Penerbit m&c! meluncurkan aplikasi komik digital untuk perangkat berbasis Android pada Jumat.

"Dengan kemajuan teknologi dan sosial media, mau tidak mau kita harus bermigrasi ke dunia digital," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu pada acara peluncuran di ajang Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) di Jakarta (29/11).

"Migrasi ke platform digital ini diharapkan dapat memperluas pasar pembaca komik Indonesia dan memacu komikus Indonesia untuk berkarya dan meningkatkan kualitasnya," katanya.

Para pengguna Android dapat mengunduh 28 judul komik dari beragam genre di Google Play Store. Saat ini komik yang bisa diunduh baru karya para komikus Indonesia namun selanjutnya penerbit akan menyediakan komik populer terjemahan dari Jepang dan Korea.

Aplikasi komik digital m&c! bisa dibuka tanpa aplikasi ketiga atau katalog. Hasil unduhan komik digital yang berbentuk file ".apk" mudah dipasang ke perangkat Android bersistem operasi minimal 2.0. 

Aplikasi komik digital itu juga memiliki fitur alur antar panel otomatis sehingga hanya dengan sentuhan jari  pembaca bisa beralih ke panel lain tanpa harus melakukan gerakan mencubit untuk memperbesar gambar pada tiap panel.

Komik digital m&c! juga memiliki fitur bookmarks dan tiap versi komik memiliki ukuran antara 25-30MB.

Setiap komik digital edisi lengkap dijual dengan hargai satu dolar AS, lebih murah daripada versi cetak yang harganya Rp17.500.

Sampai bulan Februari 2014 akan ada lima judul komik unggulan karya komikus Indonesia yang dapat diunduh gratis yakni "Sang Sayur", "Nan Nan's Daily Life", "Satoes +Ploes +Aspirasi", "Panji!" dan "Kelas Khusus Naga".

"Pasar komik Indonesia cukup tinggi sehingga seharusnya 50 persen diisi oleh komikus Indonesia dengan karakter Indonesia dan sentuhan Indonesia," kata Mari.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013