... Halo teman-teman di China... @David-Cameron... "
London (ANTARA News) - "Halo teman-teman di China, saya merasa sangat senang bisa bergabung di Weibo dan menantikan saat untuk berkunjung ke China dalam waktu dekat," kicau twitter Perdana Menteri Inggris, David Cameron, dalam bahasa Mandarin dan Inggris yang merupakan pesan pertamanya.

Cameron, jadi ikut-ikutan mengisi twitter versi China di Sina Weibo dan menyampaikan pesan dalam bahasa Mandarin menjelang lawatannya ke Beijing, sebagaimana dinyatakan Downing Street, Sabtu.

Tetapi, tidak dijelaskan Downing Street apakah Cameron membentuk "tim pengelola" akun twitter-nya itu. Di Jakarta, Kantor Kepresidenan mengakui Presiden Susilo Yudhoyono membentuk tim pengelola akun twitter-nya itu. 

Akun twitter itu juga dipakai sebagai "sarana" menyampaikan berbagai hal penting kenegaraan kepada publik, di antaranya kejengkelan dia soal penyadapan telefon genggamnya oleh Australia dan konco-konconya. 

Cameron saat ini sudah menarik perhatian lebih dari 101.000 pengikut sejak ia membuat akun tersebut dan sangat mudah diketahui ia memiliki tanda bintang Libra.

Juru bicara Downing Street membenarkan kepada AFP bahwa akun tersebut asli.

Jejaring sosial sang perdana menteri merupakan suatu kemajuan, karena pada 2009 ia pernah mengatakan, "Terlalu banyak kicauan mungkin akan membuat hal-hal bodoh saja."

Cameron membuat akun twitter pada Oktober 2012 dengan nama sederhana, @David-Cameron, yang sekarang sudah memiliki pengikut lebih dari 525.000 orang.

Cameron dijadwalkan bertolak menuju China pada Minggu dalam lawatan yang bertujuan untuk mendorong hubungan baik dengan pemimpin baru di Beijing serta menempa hubungan bisnis.

Rombongannya diikuti oleh sejumlah menteri dan pengusaha, dalam lawatan pertama ke negara kuat di Asia sejak Presiden China, Xi Jinping, menjabat pada Maret.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013