di PKS tidak ada kader yang mengajukan diri untuk dipilih"
Jakarta (ANTARA News) - Presiden PKS Anis Matta menilai sistem pemilihan raya untuk menjaring bakal calon presiden dari partainya berbeda dari sistem konvensi yang dijalankan partai politik lain.

Jika pada sistem konvensi kandidatnya bertarung, maka pada sistem pemilihan raya kandidatnya tidak bertarung tapi kader sendiri yang menentukan siapa yang layak ditetapkan sebagai capres, kata Anis Matta dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu.

Dia mengklaim pemilihan raya adalah sejarah bagi PKS sendiri karena sebelumnya tidak pernah ada sistem ini untuk menentukan calon presien karena biasanya sistem ini dilaksanakan untuk pemilihan majelis Syuro PKS.

Anis mengatakan ada tuntutan dari kader dan juga dari berbagai tokoh-tokoh masyarakat untuk segera menentukan capres. Karena itu  PKS menerapkan sistem demokrasi internal yang bisa melibatkan partisipasi kader secara menyeluruh.

"Yang pasti saya tidak memilih diri saya, itu bagian dari etika dan akhlaq di PKS, di PKS tidak ada kader yang mengajukan diri untuk dipilih," ujar Anis.

Menurut dia, hal terpenting adalah membangun sistem organisasi dengan menerapkan proses demokratisasi internal partai yang keluarannya akan mengalami uji publik di lapangan nanti.


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013