Mungkin nanti juga ada festival fesyen di pasar seni, itu semua kami hidupkan agar menarik geliat pariwisata di Lombok Barat
Mataram (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI mendukung pemulihan pariwisata di Nusa Tenggara Barat khususnya Kabupaten Lombok Barat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam kunjungan kerja di Mataram, Jumat, mengatakan bahwa pihaknya mendukung pemulihan pariwisata di Lombok Barat melalui kegiatan berskala nasional hingga internasional.

"Beberapa festival kami arahkan agar dihidupkan kembali, seperti Senggigi Reborn, Sunset Jazz, ajang olahraga 'An Ironman Triathlon'. Mungkin nanti juga ada festival fesyen di pasar seni, itu semua kami hidupkan agar menarik geliat pariwisata di Lombok Barat," kata Sandiaga.

Dia mengakui bahwa aktivitas pariwisata di seluruh wilayah, termasuk Kabupaten Lombok Barat sempat mengalami penurunan dampak pandemi COVID-19.

"Kini kita semua sedang bangkit dan kita sama-sama hidupkan kembali dengan semangat untuk saling mendukung," ujarnya.

Sandiaga melirik salah satu peluang kegiatan yang dapat mendukung hidupnya dunia pariwisata di Kabupaten Lombok Barat, yakni Festival Senggigi Reborn.

Baca juga: Kemenparekraf perkuat dukungan wisata olahraga di NTB

Baca juga: Empat desa wisata NTB peroleh DPUP dan literasi keuangan


"Saya dukung Senggigi Reborn ini. Semoga punya semangat untuk sama-sama mendukung," ucap dia.

Dia mengatakan bahwa kawasan wisata Senggigi di Kabupaten Lombok Barat punya nama yang mampu menjual di sektor pariwisata. Sandiaga tidak memungkiri nama Senggigi sudah dikenal oleh sebagian besar wisatawan mancanegara.

"Jadi, tidak hanya Mandalika saja yang hidup, Senggigi melalui Senggigi Reborn, Senggigi Jazz kami coba untuk bisa menarik kunjungan wisatawan," katanya.

Dia juga memberikan saran adanya penjualan paket wisata, melihat jarak Senggigi dengan wisata lainnya di Kabupaten Lombok Barat seperti Loang Baloq yang ada di Kota Mataram bisa dipadukan.

"Bisa mengangkat kearifan lokalnya, adat istiadat desa wisata juga dari Senggigi dan yang ada di Mataram. Nanti mungkin bisa dibuat paket wisata dengan nama Cari Jodoh," ucap Sandiaga.

Sandiaga dalam kunjungan kerja ke NTB juga mendorong semua pihak agar mengembangkan ekonomi kreatif dari para pelaku UMKM melalui beragam inovasi dan kreasi.

Sandiaga mendukung Kabupaten Lombok Barat untuk kembali masuk dalam nominasi sebagai kabupaten kreatif yang ada dalam program Kemenparekraf.

Menurut dia, pengembangan ekonomi kreatif sejalan dengan upaya membangkitkan kembali dunia pariwisata di Kabupaten Lombok Barat.

"Dengan mengembangkan produk-produk ekonomi kreatif UMKM, tentu dapat membuka peluang usaha dan menciptakan lapangan kerja. Karena kalau dilihat, produk yang ada sangat beragam. Mulai dari dari kuliner, fesyen dan seni pertunjukan," ujarnya.

Baca juga: Menparekraf menanggapi wacana iuran pariwisata via tiket pesawat

Baca juga: Menparekraf sebut penumpukan wisatawan terjadi di Bali selatan

Pewarta: Dhimas Budi Pratama
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024