Jakarta (ANTARA) -
Perusahaan media monitoring PT Binokular Media Utama (Binokular) menyebut bahwa kesuksesan tim nasional sepak bola Indonesia U-23 merebut tempat di semifinal Piala Asia U-23 2024 telah mendominasi pemberitaan media massa.
 
Manajer News Data Analytics (Newstensity) Binokular, Nicko Mardiansyah, membeberkan bahwa pada periode monitoring 25-26 April 2024, eksposur pemberitaan media massa tentang laga timnas U-23 Indonesia versus Korea Selatan (Korsel) didominasi sentimen positif dengan beberapa isu utama, seperti lolosnya timnas Indonesia ke semifinal sekaligus terbukanya peluang tampil di Olimpiade Paris 2024, kontrak Shin Tae-yong (STY) yang diperpanjang, penyelenggaraan menonton bareng laga timnas, dan Nathan Tjoe-A-on yang diizinkan oleh klub untuk kembali membela Indonesia.
 
Dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Jumat, hasil riset media monitoring itu, lanjut Nicko, mencatat bahwa untuk sentimen negatif umumnya berasal dari Rafael Struick yang absen pada laga semifinal nanti, serta sosok kontroversial yaitu pengamat sepak bola Tommy Welly atau kerap disapa Bung Towel.
 
Lebih lanjut dia membeberkan, ada dua tokoh yang menjadi perhatian massa dalam kesuksesan timnas, yaitu Rafael Struick selaku pencetak dua gol saat melawan Korsel dan pelatih STY.
 
STY disorot dalam dua isu hangat, yakni keberhasilan mengantarkan timnas melaju ke babak semifinal untuk pertama kalinya dalam Piala Asia, serta pengumuman proses perpanjangan kontrak pelatih asal Korsel itu hingga 2027.

Baca juga: Erick Thohir lanjutkan kerja sama dengan STY untuk timnas hingga 2027
 
Selain itu, kata Nicko, penampilan wasit yang memimpin laga perempatfinal, yaitu Shaun Evans juga mendapatkan perhatian.
 
Media menyentil rekam jejak dari Evans yang pernah menuai kontroversi saat bentrok timnas Indonesia dengan Uni Emirat Arab (UEA) di babak 16 besar Asian Games 2018 dan saat Persija Jakarta versus Persib Bandung pada pekan ke-33 Liga 1 musim 2017.
 
Ia menambahkan, penampilan gemilang penjaga gawang timnas U-23, Ernando Ari Sutaryadi, saat menggagalkan penalti pemain Korsel juga menyedot perhatian media.
 
"Selain itu, Justin Hubner juga cukup mendapat sorotan karena melakukan tendangan penalti ulang. Beberapa pemain Timnas Korea Selatan juga mendapatkan sorotan," kata Nicko.
 
Ia menyatakan, di luar pemain dan pelatih, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir, kerap dibahas media mainstream terkait langkahnya memperpanjang kontrak STY untuk mengasuh timnas Indonesia.
 
Kemudian, upaya Erick melobi SC Heerenveen sehingga Nathan Tjoe-A-on dapat kembali memperkuat skuad Garuda Muda, hingga respons pria yang juga Menteri Thohir BUMN setelah Indonesia mengukir sejarah pertama kali masuk semifinal Piala Asia U-23, turut dibahas oleh media.

Baca juga: Inilah bukti level kualitas timnas sepak bola kita meningkat tajam
Baca juga: Shin Tae-yong tebar ancaman ke calon-calon lawan Indonesia

 

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024